Spotlight

Makin Menjamur, Si Ocong Eksis sampai ke Webtoon Indonesia

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 15 Sep 2020 13:05 WIB
Komik Si Ocong
Komik Si Ocong sukses merambah ke Webtoon Indonesia Foto: si.ocong/ Instagram
Jakarta -

Komik Si Ocong rilis sejak 5 tahun yang lalu di Instagram. Lewat akun @si.ocong, pencinta komik online bisa membaca konten-konten Si Ocong secara gratis.

Komikus Si Ocong Agung Gunawan mengatakan ketika karyanya ada di Instagram dan masuk ke Webtoon Challenge hingga menjadi Rising Star, pintu rezeki lain seakan terbuka lebar.

"Saya jadi semakin semangat berkarya, soalnya waktu tahun 2015 atau 2016 itu lagi ramai-ramainya kan komik Instagram, pas masuk Webtoon Indonesia jadi makin semangat, karena ternyata karya saya berguna," tutur Agung saat dihubungi detikcom, Selasa (15/9/2020).

Padahal komik online yang digarapnya bermula dari iseng semata. "Nggak kepikiran sampai sejauh ini, cuma iseng saja bikin karya. Saya memang suka bikin komik kecil-kecilan, tahu-tahunya jadi segeni gini. Senang banget," sambungnya.

Sejak Agustus 2016, komik Si Ocong resmi ada di LINE Webtoon Indonesia. Karakter Si Ocong pun berdampingan dengan Tahilalats, Si Juki, dan komik online lainnya.

Menurut Agung, ketika karyanya berhasil diapresiasi di Webtoon Indonesia menjadi batu loncatan yang bagus.

"Nama jadi makin terkenal, intinya sih jadi dikenal ya. Enak ke mana-mana. Dari Webtoon Indonesia, nggak lama kemudian masuk ke Ciayo Comics," kata pria berusia 29 tahun tersebut.

Pada 2017, komik Si Ocong Jangan Dianggap Serius pun diterbitkan oleh Bukune. Ia yang tadinya tidak terlalu percaya diri menerbitkan karya, kini semakin percaya diri.

"Dulu terbitin buku kan harus ke penerbit yang mungkin saja nggak keterima karena gambar nggak bagus ya. Sekarang di komik Instagram itu gambar yang nggak harus, yang penting punya karakter, ciri khas, dan konsisten," ucap Agung yang tinggal di Bandung.

Bahkan ketenaran Si Ocong sampai menimbulkan akun-akun Instagram KW lainnya. Ada bapak Si Ocong, Ibu Si Ocong, kakak Si Ocong, sampai akun komen Si Ocong yang ramai dan sempat viral.

Simak artikel berikutnya ya.



Simak Video "Pidato Menyentuh BTS Jadi Sorotan di Perayaan Hari Pemuda Korsel"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)