Spotlight

Baca Komik Si Ocong yang Imut tapi Jangan Dibawa Serius

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 15 Sep 2020 12:09 WIB
Komik Si Ocong
Si Ocong warnai komik Instagram di Indonesia Foto: si.ocong/ Instagram
Jakarta -

Bagi pencinta komik Instagram, nama Si Ocong sudah dikenal. Eksis sejak 5 tahun yang lalu, si Ocong makin menjamur sampai bertebaran nama Si Ocong KW yang meniru ciri khas yang dibuat oleh Agung Gunawan asal Bandung.

Komik Si Ocong menggambarkan karakter pocong laki-laki yang imut dan penuh komedi. Tapi bukan sosok horor yang menyeramkan, karakternya hanya plesetan yang mengajak pembaca tidak membawa serius hal tersebut.

"Kalau nama pocong kayaknya, pocong banget ya. Kalau ocong kan agak komedi," tutur Agung Gunawan ketika dihubungi detikcom, Senin (15/9/2020).

Nama Si Ocong, menurut Agung adalah nama yang mudah diingat orang lain. Karakternya juga sudah dimodifikasi lebih modern dan hanya memakai ciri khas tali pocong yang diikatkan di kepala.

"Sekarang tali di bagian kepala yang jadi ciri khasnya. Kalau dibikin siluet pasti sudah kelihatan kalau itu Si Ocong, kalau karakter lain kan belum tentu tahu itu siapa," kata lulusan SMK 14 Bandung.

"Konsepnya juga nggak ada horor sama sekali, asli konsep hanya karakter saja dari nama pocong," ujarnya terkekeh.

Komik Si OcongKomikus Si Ocong, Agung Gunawan, asal Bandung, Jawa Barat Foto: si.ocong/ Instagram

Pada November 2015, Agung awalnya terpikir membuat karakter komik Instagram yang dekat dengan budaya Indonesia. Setiap negara punya cerita hantu lokal maupun imajinasi mistis yang berbeda-bebeda.

Di Indonesia, sosok pocong yang biasanya menyeramkan dibuat Agung lebih lucu.

"Awalnya bikin pocong versi lucunya saja biar nggak takut lagi dengan hal-hal yang seram. Awalnya biar nggak seram saja, dan saya langsung bikin karakter simpelnya adalah cowok," sambung Agung.

Dari komik Instagram, Si Ocong merambah ke LINE Webtoon Indonesia pada Februari 2016 sampai sekarang. Komik Si Ocong juga terbit di platform Ciayo Comics dan satu kali dibukukan oleh penerbit Bukune pada 2017.

Kali ini, spotlight culture detikcom bakal membahas mengenai profil komik Si Ocong dan sepak terjang sang komikus di industri komik Instagram? Simak artikel berikutnya ya.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Meggy Wulandari Bertemu Suami Barunya saat Proses Cerai dengan Kiwil"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)