Spotlight

Tren Masker Nyeni Buat Lukisan Seniman Indonesia Makin Digandrungi

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 01 Sep 2020 15:27 WIB
Tren masker nyeni karya Kita Art Friends
Masker scuba Kita Art Friends buat kolektor melirik karya lukisan seniman lokal Foto: Kita Art Friends/ Istimewa
Jakarta -

Dari masker scuba nyeni yang dibuat Kita Art Friends berdampak baik kepada para seniman Indonesia. Dari karya-karya yang berhasil dirilis di masker scuba, lukisan mereka kini dibeli kolektor-kolektor.

Pendiri Kita Art Friends Abdes Prestaka mengungkapkan hal tersebut kepada detikcom. Ia menceritakan pembagian hasil dari penjualan masker tidak seberapa dengan dampak setelahnya.

"Saya sangat terkejut karena beberapa karya masker yang dilihat kolektor, lukisan aslinya dibeli. Dari masker, mereka tertarik dan langsung menghubungi senimannya langsung. Maka terjadinya transaksi, jadi yang menarik itu di sana," ungkap Abdes saat dihubungi detikcom.

Abdes menceritakan visi misi Kita Art Friends adalah mendekatkan karya seni ke kehidupan sehari-hari. Tujuan yang menggandeng seniman lokal pun lambat laun tercapai.

"Kita mau mendekatkan seni ke semua masyarakat, kalau selama ini seniman mengadakan pameran kebanyakan hanya dilihat dan dijual itu-itu saja, masker scuba ini membuka peluang baru," tutur Abdes.

Ia melanjutkan, "Masyarakat jadi terbuka wawasannya, mudah kok cara menikmati karya seni. Nggak mesti mahal."

Sampai saat ini, sebanyak 26 seniman lokal berhasil digandeng Kita Art Friends. Seniman yang digaet yakni Prof. Kun Adnyana, yang juga merupakan Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali.

Ada juga Klowor Waldiyono, Ismanto Wahyudi, Made Wiradana, Made Palguna, Sujana Kenyem, Soni Irawan, Nana Tedja, Uji Hahan, Ngakan Putu Agus Arta Wijaya (NPAAW), Valentino Febri, Surya Subratha, Adha Biru, Gung Dewantara, Petek Sutrisno, sampai dengan dokter-art enthusiast yang juga Runner Up Puteri Indonesia 2001, dr. Eka Cipta, dan lain-lain.

Para seniman yang digandeng bukan hanya profesional saja tapi juga dari generasi muda. Menurut Abdes, bergabungnya mereka menjadi satu panggung memberikan kesempatan kepada seniman muda untuk menunjukkan karya bersama.

Ke depannya, Kita Art Friends masih bakal menggandeng banyak seniman lainnya.

"Nggak ada target kolaborasi sama berapa seniman, kita mengkurasi ada banyak seniman juga dan kalau karyanya cocok untuk diaplikasikan ke masker ya hayo. Esensinya biar visualnya juga bagus di masker," pungkasnya.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Tren Masker Genic, Saatnya Percantik Bagian Atas Muka"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)