detikHot

Spotlight

Komik Bumilangit Tiger Dance Tonjolkan Jurus Silat Nusantara

Selasa, 28 Jul 2020 13:26 WIB Tia Agnes - detikHot
Komik Bumilangit TIger Dance Komik Bumilangit Tiger Dance ciptaan Is Yuniarto Foto: Is Yuniarto, Bumilangit/ Istimewa
Jakarta -

Komik Tiger Dance: Spirit of Nusantara mewarnai industri komik Tanah Air tahun ini. Rilis sejak 13 Juli, komik yang diterbitkan oleh Bumilangit mengisahkan tentang pendekar Saka yang mengarungi Nusantara dalam mencari guru Sang Singa Barong.

Pendekar yang selalu sesumbar punya keahlian Tarian Harimau itu bertualang bersama Trio Punokawan dan Vidya yang punya keahlian Silat Sukma Melati.

Mengapa jurus-jurus silat yang ditonjolkan dalam komik Tiger Dance?

Komikus Is Yuniarto mengaku memang menonjolkan jurus-jurus silat Nusantara yang memang sudah dikenal.

"Secara umum, jurus-jurus silat Nusantara banyak yang mengadopsi gerakan-gerakan hewan, salah satu yang terkenal itu dari harimau," tutur Is Yuniarto ketika diwawancarai detikcom, Selasa (28/7/2020).

Dalam komik Tiger Dance, pendekar Saka belajar Tarian Harimau dari Sang Singa Barong. Karakter Sang Singa Barong digambarkan Is Yuniarto seperti penampakan Reog Ponorogo diketahui punya kekuataan luar biasa soal Tarian Harimau.

"Itu figur sentral dari Reog Ponorogo, Singa Barong, yang saya sengaja hadirkan dari banyak sumber literatur," lanjut Is Yuniarto.

[Gambas:Instagram]



Komik bergenre aksi petualangan dengan latar belakang fiksi sejarah Nusantara diakui Is Yuniarto belum banyak dibuat oleh komikus-komikus Indonesia.

"Ketika saya bikin komik, saya akan melihat bahwa kira-kira apa sih karya komik di Indonesia yang belum banyak diangkat, sama halnya ketika saya buat Garudayana," ucap komikus yang tinggal di Surabaya, Jawa Timur.

"Kayaknya di industri sekarang ini yang bikin wayang mungkin ada. Tema pendekar juga mungkin ada yang ikin, tapi dengan setting zaman VOC dari Hindia Belanda abad ke-17, karakter-karakternya terinspirasi tahun 1990-1980-an itu belum ada," lanjutnya.

Komik Bumilangit TIger DanceKomik Bumilangit Tiger Dance Foto: Is Yuniarto, Bumilangit/ Istimewa

Is Yuniarto pun membuat komiknya bergaya manga dan cerita penuh humor. Dialog yang tidak kaku pun menjadi satu kelebihan dari komik Tiger Dance.

"Di sini aku bisa bikin cerita dengan gaya manga, ekspresi, dan humor yang lebih kental, di samping cerita yang serius," pungkasnya.

Komik Tiger Dance tak hanya memasukkan karakter pendekar Saka dengan Tarian Harimau, Vidya dengan Silat Sukma Melati, serta guru Sang Singa Barong saja. Tapi ada juga Trio Punokawan yakni Petruk, Bagong, dan Gareng yang ada di dalam pewayangan khas Jawa.

Simak artikel berikutnya ya.




Simak Video "'Gundala Destiny', Komik Indonesia yang Tembus ke Kancah Internasional"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

Photo Gallery
FOKUS BERITA: Spotlight Culture
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com