Warrior Nun Menggoda Iman, Angkat Sains Vs Agama

Devy Octafiani - detikHot
Minggu, 19 Jul 2020 16:15 WIB
Warrior Nun
Warrior Nun tayang di Netflix / Foto: (dok.imdb.)
Jakarta -

Sejak episode awal, Warrior Nun bicara tentang iman dan keadaan dunia yang terjadi di masa sekarang. Hal yang terus diselipkan dan dibahas dalam narasi serial ini seterusnya.

Selama ini, agama dan ilmu pengetahuan dianggap berseberangan. Sebenarnya, hal ini yang kemudian menjadi unik sebab Warrior Nun mengisahkan tentang para suster yang rela bertarung untuk membasmi iblis atau sosok lain yang dianggap dalam ilmu pengetahuan sebagai mitos karena minim pembuktian.

Hal ini menjadi salah satu bagian yang digarisbawahi dalam pengembangan cerita serial ini. Sang sutradara, Simon Barry mengatakan bagaimana Warrior Nun memandang perihal agama dan ilmu pengetahuan yang dianggap bertentangan tersebut.

"Kami sebenarnya tak ingin mengangkat bagaimana sains bertentangan dengan agama. Kami lebih melihatnya seperti bagaimana ilmu pengetahuan dapat melebihi agama dalam beberapa cara tertentu," ungkap Simon Barry dilansir Variety.

Pernyataan semacam itu tak dapat diterima oleh semua prinsip manusia. Dan hal ini yang membuat Warrior Nun seperti punya kontroversi terselubung.

Simon Barry menambahkan dengan pernyataan berikut ini.

"Jika Anda melihat sains sebagai sesuatu yang memberi agama dorongan atau sebaliknya, ada bagian di mana cerita ini seperti menunjukkan bahwa banyak hal dalam agama dapat dijelaskan dalam istilah ilmiah. Jadi idenya seperti surga dan neraka yang menjadi dimensi alternatif. Dan kami berpikir ini adalah pendekatan yang lebih menarik," imbuh sang sutradara.

Warrior Nun diadaptasi dari komik berjudul Warrior Nun Areala karya komikus Kanada Ben Dunn. Kisah komik tersebut terinspirasi dari organisasi Katolik tradisional, Fraternity of Our Lady.

Salah satu kisah mereka diterbitkan The New York Times tentang bagaimana para biarawati di organisasi tersebut belajar bela diri, mengetahui tempat tinggal mereka di kawasan Harlem, New York adalah lingkungan yang berbahaya.

Mereka mendalami Judo hingga Taekwondo untuk melindungi diri berjaga-jaga bila merka terkena masalah.

Warrior Nun menjadi salah satu serial terbaru di bulan Juli. Serial ini dapat disaksikan di Netflix.



Simak Video "Fix! Tarif Langganan Netflix Naik Mulai Besok"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/aay)