detikHot

Spotlight

Pentas 'Planet - Sebuah Lament' Jadi Perayaan Melanesia

Selasa, 14 Jan 2020 14:32 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Muhammad Ridho Pentas 'Planet - Sebuah Lament' Jadi Perayaan Melanesia
Jakarta - 'Planet - Sebuah Lament' tak sekadar jadi karya di atas panggung. Pertunjukan teater yang disutradarai Garin Nugroho bertransformasi menjadi sebuah perayaan bagi Melanesia.

Melanesia yang merupakan gugus kepulauan yang memanjang dari Papua dan Aru lalu ke Timur sampai Pasifik bagian barat dikenal sebagai kawasan yang paling 'musikal'. Garin Nugroho menyebut pementasan ini adalah upaya unjuk gigi sekaligus perayaan.

"Melanesia adalah wilayah yang sangat besar di Indonesia terbentang dari Australia sampai ke Hawaii, dari Papua sampai Nusa Tenggara," tutur Garin ketika menyambangi kantor detikcom, kawasan Tendean, Jakarta Selatan, belum lama ini.



"Sebagai wilayah musikal yang jarang mendapatkan tempat di dunia untuk venue-venue terbaik, dan ini saatnya untuk mengekspresikan diri," lanjut sutradara 'Kucumbu Tubuh Indahku'.

Sutradara pertunjukan 'Planet - Sebuah Lament', Garin NugrohoSutradara pertunjukan 'Planet - Sebuah Lament', Garin Nugroho Foto: Muhammad Ridho


Menurut Garin, banyak permasalahan di wilayah Melanesia yang bisa dipecahkan dengan memberikan ruang-ruang berekspresi. Salah satunya melalui seni pertunjukan.

Sebanyak 90 persen pemain dalam 'Planet - Sebuah Lament' berasal dari bagian timur Indonesia. "Makanya disebut sebagai perayaan Melanesia," ungkapnya.

Mengusung perpaduan budaya dari Indonesia Timur (Melanesia), Garin Nugroho melakukan kombinasi elemen pergerakan tubuh dari tradisi Nusa Tenggara Timur hingga Papua dengan gerak tablo dan tubuh kontemporer yang dikoreografi Otniel Tasman dan Boogie Papeda.

Pertunjukan ini juga dilengkapi lantunan suara indah dari Mazmur Chorale Choir asal Kupang yang dipilih melalui proses seleksi sejak akhir 2018.

Bagaimana cerita inspirasi selanjutnya? Simak artikel berikutnya.




Simak Video "'Planet Sebuah Lament', Pentas Renungan Karya Garin Nugroho"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

Photo Gallery
FOKUS BERITA: Spotlight Culture
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com