detikHot

spotlight

Cerita soal Mbah Dok Lebih Spesial di Novel 'KKN di Desa Penari'

Selasa, 24 Sep 2019 12:30 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Asep Syaifullah/detikHOT Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta - Mbah Dok diceritakan sebagai penunggu Nur yang ada dalam novel 'KKN di Desa Penari'. Ada bab khusus dari cerita Mbah Dok yang sengaja ditulis Simpleman dan menjadi ketertarikan tersendiri.

"Simpleman mau ceritanya nggak cuma dinikmati tapi juga sebagai pembelajaran. Melalui chapter Mbh Dok, ada pesan yang lebih halus," tutur Editor Penerbit Bukune, Muhammad Barkah Winata, saat menyambangi kantor detikcom, belum lama ini.

Pesan tersebut, lanjut Barkah, yang juga disampaikan oleh Simpleman. "Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Kenapa (alasan) ada chapter itu sih," lanjut Barkah.



Cerita 'KKN di Desa Penari' berasal dari Thread Twitter yang viral Agustus lalu. Kisahnya tambah viral ketika cerita diangkat oleh YouTuber Raditya Dika ke akun channel pribadinya.

Sosok Mbah Dok, lanjut cerita Barkah. menjadi penting dalam cerita. Di bagian Nur, ada beberapa 'tanda' dari Mbah Dok atau semesta yang menyuruh Nur untuk tidak melakukan KKN di lokasi tersebut.

"Sebenarnya kita melihat tanda-tanda ketika Nur berangkat ada sign-sign tertentu, mungkin itu pertanda dari Mbah Dok juga. Itu sih, part penting dari tokoh Mbah Dok," pungkasnya. Kini bukunya pun resmi rilis dan sudah ada di toko buku sejak pertengahan bulan ini.




Simak Video "Eksklusif! Penerbit Bukune Cerita Soal Novel 'KKN DI DESA PENARI'"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com