detikHot

Spotlight

Kisah Kolektor Komik Lawas Andy Wijaya Mengoleksi Komik Tertua di Indonesia

Selasa, 27 Agu 2019 14:36 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Tia Agnes/ detikHOT Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Pada 17 Januari 1931 silam, majalah mingguan Sin Po menerbitkan pertama kalinya komik strip 'Put On'. 'Put On' menjadi awal tonggak bersejarah bagi masyarakat Indonesia.

Komik strip yang diciptakan oleh Kho Wan Gie didaulat menjadi komik tertua sekaligus pertama di Tanah Air. Lantaran alasan sejarah tersebut, kolektor komik lawas Andy Wijaya juga mengoleksi komik 'Put On'.

Sambil menunjukkan koleksi 'Put On' yang terbit dari tahun 1953 kepada detikHOT, Andy semringah menceritakan koleksinya tersebut.



"Saya juga punya 'Put On' yang dari tahun 1930-an. Kalau yang ini tahun 1953 atau 1954 saya lupa. Komik strip pertama yang terbit di Majalah Sin Po," kata Andy ketika berbincang dengan detikHOT, belum lama ini.

Kisah Kolektor Komik Lawas Andy Wijaya Mengoleksi Komik Tertua di IndonesiaFoto: Tia Agnes/ detikHOT


Untuk mendapatkan koleksi 'Put On', lanjut Andy, itu adalah hal yang paling membuatnya terkenang.

"Put On itu lebih sulit dicari, karena ya cetakan lebih lama yah. Kita bisa lihat kalau cetakan pertama tuh tipis-tipis, kayak gini. Dulu keluarganya nomor pertama pakai nomor, jadi keluarnya satu per satu baru edisi berikutnya keluar bisa dua bulan lagi," kata Andy.

Kegemaran Andy mengoleksi komik-komik jadul sudah dimulai pada 1981 silam. Ketika berumur 10 tahun, Andy sudah suka membaca komik dan menyewakan judul buku yang dibelinya kepada teman-temannya.

Tren komik di masa itu memang digemari oleh siapa pun. "Saya mengoleksi tahun 1981, karena kan dulu ke mana-mana selalua ada komik. Masih menjamur, siapa sih yang nggak suka komik-komik jagoan lokal," pungkasnya.

Simak artikel berikutnya ya!




Simak Video "Triawan Munaf Sebut Jagat Sinema Bumilangit Bisa Seperti Marvel dan DC"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

Photo Gallery
FOKUS BERITA: Spotlight Culture
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com