detikHot

Spotlight

Otniel Tasman Buktikan Tari Lengger Bukan Sekadar 'Anak Tiri'

Selasa, 14 Agu 2018 15:45 WIB Tia Agnes - detikHot
Otniel Tasman Buktikan Tari Lengger Bukan Sekadar Anak Tiri  Foto: Otniel Tasman/ Istimewa Otniel Tasman Buktikan Tari Lengger Bukan Sekadar 'Anak Tiri' Foto: Otniel Tasman/ Istimewa
Jakarta - Kesenian tari Lengger berasal dari Jawa Tengah kerap 'dianak tirikan' dengan kesenian lainnya seperti wayang yang berkembang pesat kala itu. Koreografer muda Otniel Tasman pun membuktikan dengan beragam karya yang diciptakannya.

Menurut lulusan ISI Surakarta, tari Lengger memang kerap menjadi stereotip dari seni tradisional lainnya.

"Dianggap nggak punya paket, saya juga punya kesulitan tersendiri dengan menjadi seniman tari lengger yang dianggap pinggiran. Itulah yang ingin saya buktikan dengan karya-karya saya," ujar Otniel ketika berbincang dengan detikHOT, Selasa (14/8/2018).

Baca Juga: Otniel Tasman, Penerus Seni Tradisi Lintas Gender Setelah Didik Nini Thowok

Dengan sikap tegas, penari yang merintis karier sebagai koreografer itu tak ingin mengikuti arus. "Nanti dilihat kualitas juga malah akan terlihat lebih unggul."

[Gambas:Instagram]



Dimulai dengan 'Rohwong' (2010), 'Angruwat' (2010), dan 'Mantra' (2012), 'Barangan' (2013), 'Lengger Laut' (2014), 'Penantian Dariah' (2015), 'Stand Go Go' (2017). Sampai tarian terbaru yang dibuat bertepatan dengan perayaan 10 tahun Komunitas Salihara 'Cablaka'.

Baca Juga: Otniel Tasman Populerkan Tari Lengger Hingga ke Belgia

Lewat tarian yang dilakoninya, Otniel bisa menarikan karakter maskulin dan feminin. Ia pun ingin menghadirkan pemahaman baru mengenai dua hal tersebut termasuk persoalan gender.

"Jusrtu aku menghadirkan pemahaman baru apa itu maskulin atau feminin. Oh, ternyata bukan masalah alat kelamin, bahwa semua orang punya energi maskulin dan feminin. Tapi karena maskulin cendrung laki-laki dan ini cenderung perempuan, menurut saya menarik untuk ditampilkan dalam karya," tukas Otniel.

Simak artikel berikutnya.



(tia/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed