DetikHot

spotlight

Tisna Sanjaya: Seni Tak Bisa Dipisahkan dari Agama

Selasa, 10 Jul 2018 12:19 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Tisna Sanjaya: Seni Tak Bisa Dipisahkan dari Agama Tisna Sanjaya: Seni Tak Bisa Dipisahkan dari Agama Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Bagi seniman asal Bandung Tisna Sanjaya, seni dan agama tak bisa dipisahkan. Kedua hal tersebut berjalan beriringan dan membentuk kritik sosial yang kerap dilontarkan Tisna dalam setiap aksi dan performans.

Sepanjang usianya yang menginjak angka 60 tahun, Tisna Sanjaya tak pernah memisahkan antara seni, agama, maupun lingkungan sekitar. Termasuk ketika dirinya mengkritik Sungai Citarum yang kotor, bau, dan tak terawat.

Apa yang ingin disampaikan Tisna lewat kritik-kritiknya?

Di sela-sela pameran tunggal 'Potret Diri Sebagai Kaum Munafik', ia mengatakan mengenai perspektif agama Islam yang diyakininya selama ini.



"Agama Islam yang saya pahami itu kebersihan sebagian dari iman. Islam rahmatan lil alamin, yang tidak hanya untuk manusia tapi juga untuk alam, sosial politik, cuman sekarang ini menuju ke arah yang banyak tantangan," tutur Tisna di Gedung A, Galeri Nasional Indonesia.

Tisna Sanjaya: Seni Tak Bisa Dipisahkan dari Agama Tisna Sanjaya: Seni Tak Bisa Dipisahkan dari Agama Foto: Tia Agnes/ detikHOT


Seharusnya dengan kekuatan agama Islam sebagai mayoritas umat terbesar di Indonesia, bisa membenahi lingkungan. Tisna mencontohkan Sungai Citarum yang menjadi sungai terpanjang di Jawa Barat itu sudah sejak lama berbau, kotor, dan banyak sekali sampah.

Namun, selama 8 bulan belakangan lewat program 'Citarum Harum', lokasi tersebut berubah.



"Kakek saya tinggal di dekat Citarum, saya kecil melihat airnya bersih sekali. Lambat laun kok jadi pekat, saya ingin merevitalisasi tradisi yang dulu pernah ada. Ya, wudhu di situ," ujar Tisna.

Dalam berkesenian, Tisna yang juga menggunakan teknik seni etsa menuturkan juga tak bisa lepas dari persoalan lingkungan. Termasuk di karya yang berjudul 'Takbir' (2018).

Tisna Sanjaya: Seni Tak Bisa Dipisahkan dari Agama Tisna Sanjaya: Seni Tak Bisa Dipisahkan dari Agama Foto: Tia Agnes/ detikHOT


Karya seni instalasi itu sarat akan persoalan lingkungan yang lumpurnya diambil dari Sungai Citarum, dan terdapat batok kelapa yang menaungi sebuah kapal kecil. Ia menggambarkan sosok dirinya sebagai pendakwah berada di atas kapal tersebut.

"Sebenarnya self potrait itu adalah diri saya. Tadi saya mengatakan sosok pendakwah seperti Habib Rizieq yang selalu menyampaikan hal-hal yang berhubungan dengan Islam itu harus bareng-bareng yuk melakukan dakwah untuk lingkungan juga," pungkasnya.

Simak artikel berikutnya.
(tia/doc)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed