DetikHot

spotlight

Karya-karya Rudy Atjeh Kerap Kritik Isu Keberagaman dan Soal Agama

Selasa, 06 Mar 2018 18:05 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Karya-karya Rudy Atjeh Kerap Kritik Isu Keberagaman dan Soal Agama Karya-karya Rudy Atjeh Kerap Kritik Isu Keberagaman dan Soal Agama Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Rudy Atjeh seniman yang kini berdomisili di Yogyakarta konsisten berkarya menggunakan teknik seni potong kertas atau papercut. Karya-karya seni instalasi ciptaannya kerap mengkritik persoalan keberagaman serta memasukkan unsur-unsur agama ke dalamnya.

Seperti karya instalasi yang tengah dipamerkan di Edwin's Gallery lewat eksibisi kolektif yang diselenggarakan Martell. Karyanya memasukkan gambar Al Qur'an dan Kitab Injil.

"Saya selalu menyelipkan unsur-unsur agama, tapi untuk karya yang sekarang cuma masukin Al Qur'an dan Injil saja," tuturnya ketika mengobrol dengan detikHOT, belum lama ini.



Menurut pengalaman yang terjadi di Rudy Atjeh, pengalaman yang dirasakannya bukan persoalan agama saja. Di tanah kelahirannya,

"Saya pindah ke Jawa di awal tahun 2000-an. Indonesia adalah negara plural, tapi kenyataannya saya tidak menyangka. Di Aceh jelas sudah jauh memberlakukan syariat Islam dan saya sedih saja kenapa orang-orang kadang masih mempermasalahkan persoalan keberagaman," ujarnya.



Rudy 'Atjeh' Darmawan sudah memamerkan karya-karya di berbagai kota. Mulai dari Yogyakarta, Magelang, Bandung, Jakarta, dan lain-lain. Pada 2017 dia mengikuti proyek seni sekaligus pameran kolektif 'Punkasila' di Darren Knight Gallery, Sydney, Australia. Serta proyek 'Punkasila' di Havana Biennial ke-10, Cuba.


(tia/dal)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed