Spotlight

Venzha Christ, Sosok 'Maniak UFO' di Balik Berdirinya House of Natural Fiber

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 30 Jan 2018 15:40 WIB
Venzha Christ, Sosok 'Maniak UFO' di Balik Berdirinya House of Natural Fiber Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Nama Venzha Christ mungkin tidak terlalu familiar terdengar di masyarakat umum. Namun di ranah seni khususnya space art, Venzha kian mengukuhkan kariernya sebagai seniman sekaligus salah satu pendiri dari House of Natural Fiber (HONF).

Institusi yang menggabungkan berbagai disiplin ilmu dari sains sampai teknologi dengan seni itu bermarkas di Yogyakarta. Berdiri sejak 1999, HONF juga mengembangkan new media art yang baru-baru ini tengah digandrungi oleh seniman-seniman muda.

Sejak kecil, Venzha sudah menggemari segala sesuatu yang berbau astronomi khususnya UFO. Dia mengumpulkan aneka barang, komik, sampai film-film science-fiction. Bahkan dirinya kerap dipanggil sebagai 'maniak UFO'.



"Iya saya banyak disebut UFO Hunter, saking sukanya dengan UFO. Abis acara di IFI, saya ke Bandung untuk ngomongin soal UFO dan space art. Jadi space art itu menggabungkan antara seni dan sains," tuturnya ketika mengobrol dengan detikHOT di IFI Jakarta, belum lama ini.

Venzha Christ, Sosok 'Maniak UFO' di Balik Berdirinya House of Natural FiberVenzha Christ, Sosok 'Maniak UFO' di Balik Berdirinya House of Natural Fiber Foto: Dok.HONF


Mempelajari astronomi hingga space art, bukan berdasarkan dari ilmu pengetahuan yang dipelajari di bangku kuliah. Tapi, lukisan Interior Design di ISI Yogyakarta itu belajar secara otodidak.

"Space science itu ilmu yang tak terbatas, dan makanya saya tertarik dan suka banget," kata Venzha.

Dia pun sudah sampai ke Area 51 yang menjadi area terlarang di Nevada dan sengaja kemping di sana lantaran saking penasarannya dengan fenomena UFO. "Di situ saya sekalian mengajar beberapa mahasiswa di Amerika pas jadi dosen tamu. Ya sudah daripada bosan di dalam kelas, saya mengajukan metode belajar seperti itu."

Venzha Christ, Sosok 'Maniak UFO' di Balik Berdirinya House of Natural FiberVenzha Christ, Sosok 'Maniak UFO' di Balik Berdirinya House of Natural Fiber Foto: Dok.HONF


Tak hanya itu saja, namun Venzha juga dilirik NASA untuk kolaborasi bersama dalam proyek Asia Tenggara. Hasilnya adalah di bawah nama HONF dia menggarap karya seni instalasi DIY Radio Astronomi yang kemudian dipajang di pameran 'NASA - A Human Adventure' di ArtScience Museum, Singapura.

Kabar terbaru, bulan depan Venzha akan mengikuti pelatihan Mars Desert Research Station (MDRS). Dia satu-satunya warga negara Indonesia yang akan belajar kehidupan di Planet Mars bersama empat orang Jepang lainnya.

Seperti apa kelanjutan ceritanya? Simak artikel berikutnya!


(tia/nu2)