Spotlight

Bisa Menari Lebih Luwes, Apa Rahasia dari Didik Nini Thowok?

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 24 Okt 2017 18:00 WIB
Bisa Menari Lebih Luwes, Apa Rahasia dari Didik Nini Thowok? Foto: Istimewa/ Kulfest 2017
Jakarta - Maestro tari Didik Nini Thowok kerap menari dengan gerakan yang luwes. Bahkan lebih gemulai dibandingkan penari perempuan. Apa rahasianya?

Pria yang bernama lengkap Didik Hadiprayitno itu mengatakan untuk menjaga kelenturan tubuh, hanya ada satu kuncinya. Yakni, banyak bergerak.

"Untuk jaga kelenturan, ya harus bergerak. Makanya saya belajar banyak seni tradisi di Indonesia karena seni di sini tidak ada yang tandingi. Seni tari di Indonesia nggak ada tandingannya," kata Didik kepada detikHOT ketika dihubungi via sambungan telepon.



Untuk melenturkan tubuh, Didik juga belajar seni tari tradisi dari mancanegara. "Saya melihat gerakannya mirip-mirip semuanya. Saya juga belajar tari India, nah itu saya amati teknik tarinya juga sama saja membuat lentur," kata Didik.

Bisa Menari Lebih Luwes, Apa Rahasia dari Didik Nini Thowok?Bisa Menari Lebih Luwes, Apa Rahasia dari Didik Nini Thowok? Foto: Istimewa/ Kulfest 2017


"Saya bilang kelenturan itu ya belajar dari tari-tarian Indonesia. Sampai usia 63 tahun saya masih aja merasa belum menguasai tari Indonesia," tuturnya.

Selain terus bergerak dan belaja menari setiap waktu, Didik menganjurkan untuk belajar pernapasan. Dengan memadukan latihan tari Indonesia, belajar pernapasan, dan olahraga.

(tia/nu2)