Spotlight

Didik Nini Thowok akan Tampilkan Tarian Ritual di Kulfest 2017

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 24 Okt 2017 16:45 WIB
Didik Nini Thowok akan Tampilkan Tarian Ritual di Kulfest 2017 Foto: Istimewa/ Kulfest 2017
Jakarta - Ajang Kulon Progo Festival 2017 menggandeng Festival Kampoeng Nunsatara yang digagas oleh Didik Nini Thowok. Di festival ini pengunjung dapat menikmati gelaran seni budaya dari mancanegara yang berpartisipasi memeriahkan.

Kepada detikHOT, Didik Nini Thowok menceritakan sebelumnya dia sudah menggelar festival tari bertaraf internasional di Yogyakarta. "Tahun ini bekerja sama dengan Bupati Kulon Progo, dan melebur menjadi Kulfest. Ide awalnya adalah festival kampung nusantara," ujar Didik via sambungan telepon belum lama ini.



Seniman dari mancanegara yakni Sindhu Raj dan Pooja Bhatnagar asal India, Sun Yijun dan Cao Zhiwei asal China, Jetty Roels dar Belgia, Liz Lea (Australia), Al Hasuda (Jepang), dan Thummanit Nikomrat serta Navee Sasongkroh asal Thailand.

Dari Indonesia tak kalah meriah ada Sarumban Dance Theater (Cirebon), Sanggar Seni Sabari (Bali), Bedhayan Ardhanarishvara (Yogyakarta), Sanggar Mahasiswa Tidore (Maluku), Seblaka Sasutane (Banyumas), Sanggar Singlon (Kulon Progo), Komunitas Bissu (Sulawesi), dan Sanggar Ger (Palembang).

"Tarian yang mereka tampilkan ada kaitannya dengan ritual atau khayangan. Nanti saya juga akan tampilkan juga tarian ritual yang pernah dibawakan tahun 2012," cerita Didik.

Tarian tersebut menampilkan sisi penari yang masukin dan feminin. Tari yang bernama tarian 'Ardanari Swara' itu sebelumnya mendapatkan kehormatan pernah dibawakan di Thailand.

"Putri Thailand senang banget dengan tema crossgender dan saya akan menarikan tarian ini," tutup Didik.

(tia/tia)