DetikHot

spotlight

Tantangan Aaron Seeto Jadi Direktur Museum MACAN

Selasa, 12 Sep 2017 15:12 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Tantangan Aaron Seeto Jadi Direktur Museum MACAN Tantangan Aaron Seeto Jadi Direktur Museum MACAN Foto: Tia Agnes Astuti/detikHOT
Jakarta - Aaron Seeto didaulat menjadi Direktur Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (Museum MACAN) sejak November 2016 lalu. Berpengalaman hampir 15 tahun lamanya di seni kontemporer kawasan Asia Pasifik membuatnya dipercaya oleh pemilik Museum MACAN Haryanto Adikosoemo yang merupakan kolektor seni rupa sekaligus filantropi kenamaan Tanah Air.

Membangun sebuah museum dengan tim yang semuanya pegiat seni Indonesia menjadi tantangan tersendiri bagi Aaron Seeto.

"Di antara tim kami hanya saya yang non-lokal. Karena latar belakang saya berasal dari Australia," ujar Aaron Seeto ketika diwawancarai awak media di Museum MACAN, pada Sabtu (9/9).



Menurutnya, membangun museum di banyak kota di dunia selalu ada tantangan. "Bagi saya mari berpikir bagaimana caranya membangun museum yang berkualitas dan menjembatani seni Indonesia dan dunia lewat Museum MACAN," tambah Aaron Seeto lagi.

Museum MACAN pun memfokuskan pada program-program pendidikan seni dan berhubungan dengan komunitas seni di sekitar Jakarta. Pihaknya pun ingin menjadi platform bagi seniman lokal, kurator seni, kritikus seni, dan menstimulasi beragam diskusi seni lewat pameran-pameran yang ditampilkan.

"Museum MACAN dibangun dengan standar internasional. Tantangannya bukan hanya soal museum tapi seni pada umumnya. Di pendidikan seni, kita juga harus membangun masyarakat," tutup Aaron Seeto.


(tia/nu2)

Photo Gallery
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed