DetikHot

spotlight

Potret Soekarno Hingga Soedirman di Layar Lebar

Kamis, 17 Ags 2017 17:44 WIB  ·   Ollivia Pratiwi - detikHOT
Potret Soekarno Hingga Soedirman di Layar Lebar Foto: film-film terbaik bertema kemerdekaan (imdb)
Jakarta - Pahlawan Nasional adalah gelar penghargaan tertinggi di Indonesia. Gelar ini diberikan oleh Pemerintahan Indonesia atas tidakan berjasa yang dianggap heroik.

Jasa para Pahlawan Nasional untuk Tanah Air berusaha dipotret oleh para sutradara melalui film-film yang berhasil menumbuhkan rasa nasionalisme.

Untuk merayakan 72 tahun usia kemerdekaan republik, detikHOT merangkum film-film mengenai Pahlawan Nasional. Apa saja? Simak berikut ini.

1. Soekarno: Indonesia Merdeka

Soekarno: Indonesia MerdekaSoekarno: Indonesia Merdeka Foto: film-film terbaik bertema kemerdekaan (imdb)
Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini berkisah tentang Soekarno yang memperjuangkan kemerdekaan rakyat Indonesia. Soekarno sendiri adalah Presiden pertama RI yang menjabat pada periode 1945-1966.

Soekarno adalah salah satu Pahlawan Nasional paling berpengaruh. Karena selain berperan dalam lahirnya Pancasila, bersama Mohammad Hatta, beliau juga menjadi Proklamator Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Perjuangan memproklamasikan Indonesia ditunjukkan dalam film 'Soekarno: Indonesia Merdeka'. Selain mengenai kemerdekaan Indonesia, film tersebut juga menceritakan kehidupan pribadi Soekarno, seperti masa kecilnya ketika ia dilahirkan dengan nama Kusno hingga pertemuannya dengan Fatmawati.

2. Jenderal Soedirman

Jenderal SoedirmanJenderal Soedirman Foto: Padma Pictures
'Jenderal Soedirman' adalah film biopik yang menceritakan tentang Pahlawan Nasional bernama Soedirman. Seorang jenderal yang menderita penyakit paru-paru. Hanya dengan satu paru-paru, Soedirman mampu memimpin pasukannya dalam perang gerilya selama tujuh bulan.

Soedirman sendiri adalah seorang perwira tinggi Indonesia pada masa Revolusi Nasional Indonesia. Menjadi panglima besar TNI yang pertama, tentunya membuat Sudirman dihormati di Indonesia. Sudirman memang terkenal dalam merancang taktik gerilya, sehingga beliau amat di hormati pula di Jepang.

Bahkan penghormatan tersebut ditunjukkan melalui patung Jenderal Soedirman yang berada di Ichigaya, Tokyo.

3. Tjoet Nja' Dhien

Tjoet Nja' DhienTjoet Nja' Dhien Foto: dok. ist
'Tjoet Nja' Dhien' atau menurut ejaan baru adalah Cut Nyak Dhien, merupakan film yang diproduksi tahun 1988. Disutradarai Eros Djarot film ini mampu meraih Piala Citra sebagai film terbaik dalam Festival Film Indonesia tahun 1988.

Dalam film ini Cut Nyak Dhien diperankan oleh aktris senior Christine Hakim.

Cut Nyak Dhien sendiri adalah Pahlawan Nasional Indonesia asal Aceh yang berjuang melawan 3.198 prajurit yang dikirim Belanda pada masa Perang Aceh. Meskipun menderita rabun dan encok, setelah kematian suaminya Cut Nyak Dhien tetap memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

4. Guru Bangsa: Tjokroaminoto

Guru Bangsa: TjokroaminotoGuru Bangsa: Tjokroaminoto Foto: Picklock Production
Film ini disutradarai oleh Garin Nugroho. Selain Christine Hakim sebagai produsernya, film ini juga menarik aktor Reza Rahardian untuk memerankan sosok Tjokroaminoto. 'Guru Bangsa: Tjokroaminoto' yang mengambil setting setelah masa tanam paksa akhir tahun 1800-an ini menelan biaya Rp 15 miliar.

Film ini menceritakan tentang sosok pahlawan nasional bernama Oemar Said Tjokroaminoto, atau lebih dikenal dengan nama HOS Tjokroaminoto. Dulu beliau di sebut sebagai "Raja Jawa Tanpa Mahkota" oleh Belanda.

Tjokroaminoto sendiri adalah salah satu pelopor pergerakkan pejuang Indonesia dan berperan sebagai guru para pemimpin-pemimpin besar di Indonesia.
(dal/dal)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed