DetikHot

spotlight

Menang 'Go Ahead Challenge 2016', Cerita Iwe Ramadhan Residensi ke Belanda

Selasa, 16 Mei 2017 17:42 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Menang Go Ahead Challenge 2016, Cerita Iwe Ramadhan Residensi ke Belanda Foto: Istimewa/Tia Agnes
Jakarta - Residensi ke suatu negara merupakan pengalaman berharga bagi seorang seniman. Iwe Ramadhan bersama tiga pemenang 'Go Ahead Challenge 2016' berkesempatan melakukan residensi ke Amsterdam, Rotterdam, dan Eindhoven pada Februari lalu.

Iwe Ramadhan menceritakan pengalaman pertamanya residensi ke luar negeri dengan bersemangat. Di Belanda, dia mengunjungi beragam museum seni ternama sekaligus bertemu dengan seniman dunia.

Baca Juga: Iwe Ramadhan, Seniman Muda Peraih 'Go Ahead Challenge 2016'

"Di Rotterdam saya bertemu dengan Kazuma Eekman yang secara teknis belajar saat workshop cukil. Sebelum berkarya dengan kolase, saya juga sempat mengajar cukil saat tugas kuliah," tutur Iwe Ramadhan, kepada detikHOT, di Gudang Sarinah Ekosistem (GSE) Jakarta, akhir pekan lalu.

Seri 'Mind Walkers' karya Iwe Ramadhan di ajang 'Go Ahead Challenge 2016'Seri 'Mind Walkers' karya Iwe Ramadhan di ajang 'Go Ahead Challenge 2016' Foto: Dok. Instagram/iweramadhan


Seniman kedua yang ditemui Iwe Ramadhan adalah sepasang seniman yang mengajarkan dia riset tentang isu-isu lingkungan. "Mereka biasa merespons soal lingkungan dan sekarang yang lagi aku terapin," katanya lagi.

Residensi ke Belanda dan merasakan langsung pengalaman yang berbeda dari seniman lainnya membuat Iwe Ramadhan keluar dari zona nyaman.

"Banyak seniman yang mempengaruhi saya untuk bikin karya dan gue jadi banyak belajar. Ade Darmawan, Saleh Husein dan Anton Ismael juga gitu, satu per satu saya ambil manfaatnya," tutup Iwe Ramadhan.

Baca Juga: Lewat Karya Seni Kolase, Iwe Ramadhan Residensi ke Belanda



(tia/dar)

Photo Gallery
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed