DetikHot

spotlight

Shiromdhona Olah Kecemasan Jadi Karya Artistik

Selasa, 18 Apr 2017 16:06 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Shiromdhona Olah Kecemasan Jadi Karya Artistik Foto: Shiromdhona/ Pribadi
Jakarta - Cerita Shiromdhona menjadi seorang seniman belum berakhir. Usai sembuh secara fisik dari kanker getah bening beberapa tahun silam, permasalahan dirinya tak berhenti sampai di situ. Kondisinya memunculkan masalah baru yakni kecemasan akan masa depan.

Pria yang akrab disapa Sirom itu menceritakan tubuhnya tidak bisa 100 % seperti sedia kala, kakinya pun masih lemah dan menimbuhkan rasa cemas teramat dalam. "Saya cemas sekali soal hidup saya, soal masa depan. Bagaimana saya akan menjalani kehidupan dengan kondisi seperti ini," tuturnya kepada detikHOT, Selasa (18/4/2017).

Kecemasan yang ditakutkan itu justru diolahnya menjadi karya seni artistik setelah menemukan blog dari perupa bernama R.E. Hartanto. Lewat blog rehartanto.wordpress.com, Tanto menuliskan soal kecemasan.

Simak: Shiromdhona Belajar Menggambar Ketika Tangan Tengah Diinfus

Shiromdhona Olah Kecemasan Jadi Karya ArtistikFoto: Shiromdhona/ Pribadi


Tema yang diangkat oleh Tanto di pameran tunggalnya, lanjut Sirom, kebetulan soal kecemasan. Dia pun tertarik membaca dan mendalaminya lebih lanjut.

"Ternyata kecemasan pun bisa diolah menjadi sebuah pameran seni," ujar pria lulusan SMA Negeri 1 Magelang itu.

Pertemuan pertama Sirom dengan Tanto terjadi ketika mengikuti workshop menggambar di Bandung. Sejak itu, Tanto pun menjadi guru serta panutannya dalam menggambar. Sampai sekarang, teknik serta sketsa hasil menggambarnya masih dalam proses belajar.

"Tujuan saya sih selalu berusaha selangkah lebih maju, walau sedikit demi sekit, saya selalu berusaha buat lebih baik lagi," pungkasnya.

Baca Juga: Bagi Shiromdhona, Seni Adalah Obat dan Penyembuhan



(tia/ken)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed