DetikHot

spotlight

Bagi Shiromdhona, Seni Adalah Obat dan Penyembuhan

Selasa, 18 Apr 2017 14:10 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Bagi Shiromdhona, Seni Adalah Obat dan Penyembuhan Foto: Shiromdhona/ Pribadi
Jakarta - Bagi Shiromdhona, seni adalah obat sekaligus penyembuhan dari sakit kanker yang dideritanya hampir lima tahun lalu. Aktivitas menggambar membuatnya mengisi waktu luang, dan memberikan energi positif.

"Awalnya itu bikin aku jadi lupa sama waktu, sama kondisiku. Waktu sakit (secara fisik) secara nggak lansung psikis kita itu ikut terganggu. Kadang ada penolakan di situ. Nggak bisa menerima kondisi," ujarnya, Selasa (18/4/2017).

Simak: Shiromdhona, Bermula Pengidap Kanker Kini Berkarya Jadi Seniman

Secara tidak disadari pun, penyakit psikis ini yang mampu memengaruhi kondisi fisik. "Sudah sakit, pikirannya stres dan badannya makin lemah, penyakit makin gampang menggerogoti badan kita," lanjut pria yang kini berdomisili di Bandung.

Bagi Sirom, menggambar turut berperan besar baginya.

"Menggambar itu jadi stress relieve buat aku, karena asyik sama menggambar, pikiranku sibuk sama kegiatan positif. Jadi pikiran-pikiran negatif nggak sempat mampir," tuturnya.

Sejak 2013 hingga kini, Sirom aktif menggambar dan berkesenia. Berbagai workshop, pameran kolektif, hingga kopdar (kopi darat) kerap dilakukannya. Karya-karya Sirom dapat diintip di akun @shiromdhona15.

Simak artikel berikutnya!

Baca Juga: Shiromdhona Belajar Menggambar Ketika Tangan Tengah Diinfus


(tia/dar)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed