ADVERTISEMENT

Review Alienoid: Saat Jung-hwan dari Reply 1988 Jadi Dukun Sableng

Candra Aditya - detikHot
Rabu, 27 Jul 2022 12:05 WIB
Alienoid
Foto: Film Alienoid (Dok. ist)
Jakarta -

Alienoid dibuka dengan adegan di abad ke-14 sebelum kegaduhan terjadi dan tiba-tiba sebuah Jeep berwarna hitam muncul dan menghantam layar. Tabrakan antar dua hal yang sangat aneh ini hanya permulaan dari Alienoid, film terbaru dari sutradara Choi Dong-hoon yang melahirkan blockbuster seperti The Thieves dan Assassination. Pembukaan ini tidak hanya perkenalan yang sangat baik untuk Alienoid tapi juga sebuah tes yang bagus untuk penonton. Apakah Anda siap melihat dua dunia yang berbeda bersatu dalam sebuah sci fi gila?

Di masa depan, seorang alien Penjaga (Kim Woo-bin) menjaga Bumi dengan menangani 'tahanan' yang ada di dalam tubuh manusia. Jadi, alien-alien yang tidak baik dipenjara di dalam tubuh manusia dan kalau manusianya mati, mereka akan mati bersama manusianya. Tugas si Penjaga adalah memastikan tahanan tetap berada di tubuh manusia dan menangkap siapapun yang mencoba kabur. Tugas ini tidak gampang karena kadang, seperti pembukaan film, dia harus loncat ke abad 14 untuk menangkap tahanan yang kabur.

Sementara itu di abad 14, salah satu 'dukun' bernama Mureuk (Ryu Jun-yeol), berusaha mendapatkan belati sakti karena siapapun yang menemukan belati tersebut akan mendapatkan imbalan yang tidak sedikit. Usahanya ternyata membawanya ke dalam sebuah petualangan gila. Mulai dari bertemu dengan gadis misterius yang mencuri hatinya, Lee Ahn (Kim Tae-ri), dan juga orang-orang sakti yang mempunyai rencana rahasia. Misi ini juga akhirnya membuat Mureuk mengisi kepingan-kepingan teka-teki yang selama ini hilang.

Kalau Anda menonton Reply 1988 dan kadung jatuh cinta dengan sosok Ryu Jun-yeol yang sungguh membuat hati merana atas perannya sebagai Jung-hwan, Anda pasti akan senang melihatnya di film ini. Jun-yeol tidak ada tampil sangat segar sebagai seorang dukun yang slengean tapi ia juga menunjukkan kemampuan fisik yang luar biasa. Ia bisa terbang dengan meyakinkan dan semua adegan berantemnya ia lakukan dengan baik.

Kim Woo-bin, yang baru saja menyapa penggemarnya lagi melalui Our Blues, juga tidak mengecewakan. Uniknya, di film ini ia memerankan peran ganda, sebagai Penjaga dan juga robot bernama Thunder yang bisa mengubah wujudnya seperti partnernya. Kepribadian dua karakter yang sangat berbeda ini dimainkan dengan sangat mulus okeh Kim Woo-bin. Dia bisa serius saat menjadi Penjaga dan berubah jadi makhluk slengean ketika menjadi Thunder. Tunggu sosoknya saat ia muncul dengan kostum warna pink dan Anda akan tertawa terbahak-bahak.

Dengan durasi yang lumayan panjang (dua jam 20 menit), Alienoid menawarkan sebuah kisah yang lumayan kompleks karena mitologinya lumayan njelimet. Hal ini menyebabkan ada beberapa bagian yang terasa lebih kuat dan juga kurang. Karena kita diajak maju mundur ke masa lalu dan masa depan, lengkap dengan masalah dan karakter-karakter yang sangat berbeda, Alienoid terasa seperti dua film yang bertarung di arena yang sama. Meskipun karakter yang diperankan Kim Woo-bin sangat menarik dan konflik masa depan lumayan seru, tapi jika dibandingkan dengan petualangan Mureuk, bagian masa depan terasa kurang 'berbumbu' jika dibandingkan dengan bagian abad 14. Bagian masa lalu tidak hanya punya karakter-karakter nyelenih dan atraksi gaib yang sangat menghibur tapi juga banyak sekali sempilan lelucon di setiap adegan.

Yang juga membuat Alienoid mungkin kurang nendang adalah kenyataan bahwa film ini belum selesai. Kisah film ini masih dilanjutkan di film keduanya yang akan rilis tahun depan. Itu sebabnya meskipun karakter yang diperankan Kim Tae-ri sangat mencuri perhatian, tapi sosoknya baru muncul di pertengahan film. Untungnya, Alienoid memberikan kesan yang cukup mendalam sehingga saya sepertinya rela menunggu demi melihat aksinya kembali.

Dipresentasikan dengan audio visual yang canggih (CGI-nya sama sekali dengan produk Hollywood dan production design secara keseluruhan layak mendapatkan pujian yang paling tinggi), Alienoid adalah sebuah hiburan kelas wahid yang harus Anda saksikan di layar lebar. Ini adalah jenis film yang akan seru banget kalau ditonton bersama teman atau keluarga. Filmnya memang tidak sempurna tapi siapa sih yang tidak penasaran dengan aksi Ryu Jun-yeol jadi dukun sableng?

Alienoid dapat disaksikan di CGV, Cinepolis, Flix Cinema dan bioskop-bioskop lainnya.

Candra Aditya adalah seorang penulis dan pengamat film lulusan Binus International.



Simak Video "K-Talk: Eksekusi Ciamik 'Alienoid' yang Gabungkan Sci-fi dan Zaman Goryeo"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT