Squid Game: Rela Mati Demi Uang

Candra Aditya - detikHot
Senin, 20 Sep 2021 12:35 WIB
Squid Game
Foto: dok. Netflix
Jakarta -

Serial original Netflix dari Korea ternyata menghasilkan produk-produk yang tidak hanya sangat berbeda satu sama lain tapi juga sangat menghibur. Kalau Move To Heaven menawarkan drama yang menyentuh, So Not Worth It mengajak penonton untuk tertawa melihat kehidupan asrama mahasiswa asing di Korea.

Belum lama ini D.P. juga menggegerkan penonton karena keberaniannya menggambarkan dunia wajib militer yang ternyata diwarnai dengan bullying. Yang terbaru, Squid Game, ternyata adalah sebuah survival thriller yang sangat adiktif.

Kalau di Hunger Games orang-orang terpaksa harus ikut acara yang dibuat pemerintah untuk peringatan tahunan, dalam Squid Game orang-orang yang terkena masalah finansial mendapatkan undangan untuk ikut sebuah acara misterius. Hadiahnya tidak main-main. Hampir setengah milyar won. Jumlah yang sangat banyak dan membuat banyak orang buta mata.

Squid GameSquid Game Foto: (dok. Netflix)

Tokoh utamanya adalah Seong Gi-hun (Lee Jung-jae), seorang duda pecundang yang doyan judi dan masih tinggal bersama ibunya yang sudah sangat tua. Gi-hun tidak hanya pengangguran tapi juga sama sekali tidak bisa mengelola uang. Utangnya banyak, hubungan dengan mantan istrinya buruk dan impiannya untuk hidup bahagia hanya sekedar angan-angan. Itu sebabnya ketika ada sebuah undangan misterius untuk mengikuti sebuah permainan yang akan menyelesaikan masalah finansialnya, Gi-hun langsung mengambil tawaran tersebut.

Orang seperti Gi-hun bukan satu-satunya. Ada Cho Sang-woo (Park Hae-soo), teman masa kecil Gi-hun yang dulu masuk universitas terbaik dan mendapatkan pekerjaan yang baik tapi sekarang dikejar-kejar banyak orang karena mencuri uang klien. Ada Kang Sae-byeok (Jung Ho-yeon), seorang gadis yang kabur dari Korea Utara bersama adiknya demi hidup yang lebih baik. Ada Abdul Ali (Tripathi Anupam), seorang imigran dari Pakistan yang butuh dana untuk istri dan anaknya. Ada Oh Il-nam (Oh Young-soo), seorang kakek-kakek yang mempunyai tumor otak di kepalanya. Kemudian ada Jang Deok-su (Heo Sung-tae), seorang gangster yang kabur karena hutangnya yang banyak. Orang-orang ini hanyalah sedikit dari 456 yang tergabung dalam permainan yang mempertaruhkan nyawa.

Seperti halnya serial Netflix original dari Korea, presentasi Squid Game sangat mentereng. Visualnya benar-benar memanjakan mata. Production design-nya sangat megah dan membantu penonton untuk masuk ke dalam dunia yang absurd ini. Warna-warna yang mentereng (tembok yang warna-warni, kostum penjaga yang berwarna pink) membuat kesan menyeramkan jadi lebih kuat karena penonton akan segera tahu bahwa setting yang menggemaskan tersebut akan dipenuhi dengan cipratan darah dan mayat.

Squid GameSquid Game Foto: (dok. Netflix)

Ditulis dan disutradarai oleh Hwang Dong-hyuk, Squid Game tampil sangat percaya diri. Walaupun secara konsep serial ini terasa sangat larger than life, Squid Game dengan mudah mengantarkan penonton ke situasi yang make sense sehingga ketika karakternya memilih untuk bertaruh nyawa, kita langsung ikut dengan keputusan tersebut. Karakterisasi yang tiga dimensional tersebut (terutama karakternya Seong Gi-hun) membuat saya menjadi sangat deg-degan ketika game lebih game dimulai.

Squid Game terasa sangat menegangkan dan seru ketika ancaman datang. Seperti di episode pertama ketika penonton dan juga karakternya tidak tahu apa-apa tentang peraturan permainan ini. Hwang Dong-hyuk sangat berhasil menggambarkan situasi yang sangat kacau sehingga ketegangannya benar-benar terasa. Yang sangat menarik adalah keputusan Dong-hyuk untuk memberi remah-remah informasi kepada karakternya sehingga ketika mereka beraksi, penonton juga merasakan ancaman yang sama.

Contohnya seperti episode ketika para peserta permainan tahu bahwa mereka tidak didiskualifikasi ketika mereka bisa membunuh peserta lain di luar permainan. Episode tersebut dipertontonkan dengan ketegangan yang sangat baik, saya hanya bisa menggigit bibir sepanjang episode.

Episode terbaik Squid Game mungkin adalah episode enam ketika dia mengeluarkan trik jahatnya. Saya tidak akan bicara banyak tentang episode ini tapi bersiaplah untuk menangis. Episode ini tidak hanya kejam secara emosional tapi juga penting untuk menggarisbawahi apa saja yang dilakukan oleh karakter-karakternya untuk menjadi pemenang.

Squid GameSquid Game Foto: (dok. Netflix)

Karena Squid Game adalah sebuah ensemble dengan banyak pemain, ada beberapa plot yang menurut saya kurang seru jika dibandingkan dengan cerita yang lainnya. Plot tentang Hwang Jun-ho (Wi Ha-joon) misalnya, seorang polisi yang masuk ke dalam permainan untuk mencari saudaranya yang hilang, terasa kurang menarik karena konklusinya tidak memuaskan. Ada banyak karakter yang jauh lebih menarik, kenapa fokus kesana. Karakter Kang Sae-byeok misalnya. Dia jauh lebih menarik untuk dieksplor. Atau bahkan karakter Han Mi-nyeo (Kim Joo-ryoung), seorang ibu-ibu misterius yang manipulatif. Kenapa dia ada disana? Siapa dia? Kenapa dia bersikap seperti itu? Menurut saya hal itu jauh lebih menarik untuk dikulik.

Tentu saja seperti produk-produk original Netflix dari Korea yang lain, Squid Game dipenuhi dengan aktor-aktor yang sangat baik. Akting mereka sangat meyakinkan sehingga saya percaya bahwa mereka memang benar-benar semepet itu atau dalam beberapa kasus, sekejam itu. Jangan kaget kalau Anda melihat satu dua bintang besar Korea tampil sebagai cameo.

Dengan ending yang lumayan 'menggantung', Squid Game memberikan ruang yang banyak untuk lanjutannya. Apakah pembuat Squid Game akan diekspos? Apakah ada permainan baru lagi? Seperti apa permainan gila yang akan dimainkan di musim berikutnya? Tapi yang jelas, jika Anda suka film tentang eksplorasi sifat manusia yang sesungguhnya, hal-hal buruk apa yang bisa dilakukan manusia ketika lagi kepepet, Squid Game adalah serial yang wajib ditonton. Siapkan cemilan dan mungkin teman nonton, sembilan episode Squid Game siap untuk menggetarkan dunia Anda.

Squid Game dapat disaksikan di Netflix.

Candra Aditya adalah seorang penulis dan pengamat film lulusan Binus International.



Simak Video "Petinggi Netflix Bicara Soal Kemungkinan 'Squid Game 2'"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)