Squid Game: Visualisasi Dunia Dewasa yang Kompetitif Lewat Permainan Anak

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Jumat, 17 Sep 2021 15:06 WIB
Squid Game
Foto: dok. Netflix
Jakarta -

Drama Korea Squid Game terinspirasi dari permainan anak-anak di Korea Selatan yang terkenal sekitar tahun 70-an hingga 80-an. Drama ini menunjukkan realita yang terjadi di dunia dewasa yang digambarkan melalui game anak-anak.

Sebanyak 456 orang dikumpulkan dalam satu tempat. Mereka berkompetisi untuk mendapatkan hadiah senilai 45,6 miliar Won.

Namun, ada harga yang harus dibayar untuk mendapatkan hadiah tersebut. Para peserta harus mengikuti game yang mempertaruhkan nyawa mereka.

Saat berbincang dengan detikcom, sang sutradara, Hwang Dong Hyuk, menceritakan alasan di balik menggunakan permainan squid game sebagai inti dari cerita. Menurutnya, di balik keseruan game anak-anak tersebut, ada pelajaran hidup yang bisa dipetik.

"Squid game sering dimainkan generasi kami waktu kecil. Menurutku game ini adalah game yang paling banyak menggunakan fisik. Setelah main game ini, banyak anak-anak yang terluka lalu menangis," ujar Hwang Dong Hyuk.

Squid GameSquid Game Foto: (dok. Netflix)

"Game ini biasanya kami mainkan terakhir sebelum pulang ke rumah. Walaupun ini game anak-anak, tapi menurutku game ini juga menunjukkan masyarakat dewasa yang kompetitif. Orang-orang dewasa bakal melakukan segalanya, hingga terluka dan menangis, untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan," lanjutnya.

Sehingga Hwang Dong Hyuk berharap para penonton akan bisa mengambil sisi positif setelah menonton Squid Game. Walaupun banyak adegan penuh kekerasan, pesan di baliknya sangat berkaitan dengan dewasa kini.

"Kita semua hidup dalam dunia yang kompetitif. Drama Korea ini dibuat semenarik mungkin, dengan kompetisi yang sama, tapi berbeda dengan apa yang kita hadapi sehari-hari. Jadi aku berharap penonton bisa menikmatinya tanpa merasa terbebani," jelas sang sutradara.

"Setelah selesai menonton, aku berharap para penonton bisa kembali berpikir. Kenapa kita hidup saling berkompetisi antara satu sama lain? Kenapa kita semua menjalani hidup seperti ini?" pungkasnya.

Squid Game saat ini sudah bisa disaksikan di Netflix.



Simak Video "Fakta-fakta Drakor Squid Game yang Terinspirasi dari Permainan Anak Korea"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/aay)