Space Sweepers: Petualangan Para Pengepul Sampah di Luar Angkasa

Candra Aditya - detikHot
Sabtu, 06 Feb 2021 18:22 WIB
Space Sweepers
Space Sweepers tayang di Netflix / Foto: (dok. Netflix)
Jakarta -

Para pembuat film selalu terobsesi dengan bayangan masa depan. Mereka terbagi dua. Ada yang optimis, ada juga yang pesimis. Yang optimis biasanya membayangkan masa depan seperti utopia.

Dunia yang harmoni dengan masyarakat yang bermartabat. Pesimis biasanya membayangkan masa depan dengan kelam. Jenis kedua ini paling banyak diolah dalam berbagai bentuk. Film terbaru Jo Sung-hee yang digadang-gadang sebagai film blockbuster pertama Korea ini masuk ke kategori kedua.

, Mirip adegan-adegan yang ada di film Blade Runner 2049 atau Wall-E. Sebagian manusia yang punya uang bisa tinggal di sebuah orbit koloni bernama Eden yang dimana pun mata memandang penghuninya akan melihat tumbuhan dan tanaman hijau. Yang tidak punya uang hanya bisa berusaha bertahan hidup di Bumi. Atau bekerja menjadi pengepul sampah yang ada di angkasa sana.

Masuklah para karakter protagonis kita. Di sebuah kapal rongsokan bernama Victory yang diketuai oleh Kapten Jang (Kim Tae-ri) kita bertemu dengan pilot Tae-ho (Song Joong-ki) yang skill terbangnya luar biasa. Kemudian ada Tiger Park (Jin Seon-kyu), seorang gang member yang bisa bertarung melebihi apapun. Dan yang terakhir adalah robot Bubs (Yoo Hae-jin) yang jago sekali judi dan sedang mengumpulkan uang untuk memasang kulit.

Kesamaan dari semua karakter ini adalah mereka mempunyai misi masing-masing dan tentu saja mereka semua bokek. Mereka butuh uang. Mengumpulkan sampah tidak pernah cukup untuk membuat mereka kaya. Kemudian suatu hari mereka menemukan Dorothy (Park Ye-rin), robot peledak berbentuk gadis cilik yang dicari-cari semua orang. Tae-ho yang kepepet butuh uang tentu saja menemukan ide untuk menjual si robot ini. Yang tidak mereka tahu adalah Dorothy akan membawa mereka ke petualangan yang tidak akan mereka duga.

Space SweepersSpace Sweepers Foto: Space Sweepers (dok. YouTube)

Industri perfilman Korea Selatan memang sudah terkonfirmasi menjadi salah satu penguasa Asia. Setidaknya mereka adalah satu-satunya negara yang bisa memenangkan Oscar dan Cannes Film Festival. Selain Parasite, belum ada film berbahasa asing yang bisa menang Best Picture Oscar (bukan Best Foreign Language lho ya) dan Palme d'Or. Kali ini Korea Selatan membuktikan lagi bahwa ia bisa memproduksi blockbuster gila-gilaan lewat Space Sweepers. Dan secara produksi, Space Sweepers berhasil menunjukkan itu.

Visualnya menakjubkan. Desain dunianya meyakinkan dan tidak kalah dengan film Hollywood yang bujetnya ratusan juta. Secara presentasi audio visual, Space Sweepers tidak ada bedanya dengan summer blockbuster Hollywood. Yang membedakan hanyalah film ini tidak dimainkan oleh bintang-bintang Hollywood papan atas.

Tapi "meniru Hollywood" tidak terbatas di presentasi teknis saja. Ternyata penulis Jo Sung-hee bersama Yoon Seung-min dan Yoo-kang Seo-ae juga meniru penceritaan yang sangat Hollywood. Setiap trope tentang geng misfits yang akhirnya bersatu atas sebuah misi yang lebih besar dari mereka bisa Anda temukan di sini. Agak mengecewakan mengingat identitas Korea yang biasanya lekat ada di film-film Korea biasanya kental tapi disini justru terasa kurang.

Jujur saja, plot utama Space Sweepers tidak semenarik side-plot-nya. Ketika Space Sweepers berubah menjadi hangout comedy, disitulah film ini bersinar.

Yang juga menarik dari Space Sweepers adalah penggambaran masyarakat yang berbaur jadi satu. Dalam film ini semua orang mengenakan semacam alat yang bisa menterjemahkan bahasa masing-masing sehingga semua karakter berbicara dalam bahasa masing-masing. Ada yang berbicara dalam bahasa Inggris, bahasa arab dan lain sebagainya. Salah satu bukti bahwa tidak seperti kebanyakan produk Hollywood, Korea sangat sadar akan representasi tanpa perlu dibuatkan hashtag.

Space SweepersSpace Sweepers Foto: Space Sweepers (dok. YouTube)

Dengan Space Sweepers, Korea Selatan semakin mengukuhkan diri bahwa mereka bisa membuat apa saja. Sekarang mari kita tunggu blockbuster beneran yang menarik dari Korea Selatan yang secara cerita tidak garing seperti film ini. Dengan film-film seperti Along With The Gods, Train To Busan dan Extreme Job, Korea sebenarnya sudah bisa membuktikan bahwa mereka bisa membuat blockbuster Hollywood tapi tanpa kehilangan identitas mereka yang khas.

Mereka tidak butuh pengakuan. Tapi sebagai entertainment di akhir pekan, Space Sweepers patut dicicip. Terutama bagi Anda yang kangen dengan muka gemas Song Joong-ki dan Kim Tae-ri.

Space Sweepers dapat disaksikan di Netflix

Candra Aditya adalah seorang penulis dan pengamat film lulusan Binus International.



Simak Video "K-Talk Ep 67: Melongok Aksi Song Joong Ki Cs di 'Space Sweepers'"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/doc)