Waka-Waka Shakira, Salah Satu OST Piala Dunia Paling Legendaris

ADVERTISEMENT

Waka-Waka Shakira, Salah Satu OST Piala Dunia Paling Legendaris

Diah Retno Andani - detikHot
Selasa, 29 Nov 2022 17:30 WIB
Singer Shakira, center, performs, during the halftime show of the NFL Super Bowl 54 football game between the San Francisco 49ers and Kansas City Chiefs, Sunday, Feb. 2, 2020, in Miami Gardens, Fla. (AP Photo/Morry Gash)
Foto: AP Photo
Jakarta -

Euforia sepak bola kembali terasa di mana-mana setelah Piala Dunia Qatar 2022 dimulai. Apalagi dengan lagu-lagu resmi yang dirilis, semakin meningkatkan semangat untuk terus menyaksikan pertandingan tersebut hingga final.

Berbicara mengenai lagu, ada salah satu lagu hits yang dirilis sebagai lagu resmi untuk turnamen bergengsi ini. Lagu berjudul Waka-Waka menjadi lagu yang dirilis pada Piala Dunia 2010. Semua orang yang menyaksikan Piala Dunia pada tahun tersebut, pasti mengetahui bagaimana terkenalnya lagu ini yang membawa semangat di dunia sepak bola.

Simak deretan fakta mengenai lagu Waka-Waka yang jadi soundtrack resmi Piala Dunia 2010 di bawah ini:

[Gambas:Youtube]

1. Dinyanyikan oleh Shakira

Waka-Waka menjadi lagu resmi pada turnamen Piala Dunia FIFA yang diselenggarakan di Afrika Selatan pada tahun 2010. Lagu ini dinyanyikan oleh penyanyi terkenal asal Kolombia bernama Shakira. Diketahui Afrika Selatan menjadi negara Afrika pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA. Turnamen tersebut diadakan selama satu bulan, dari 11 Juni hingga 10 Juli 2010.

Selain menampilkan Shakira sebagai penyanyi, lagu ini juga menampilkan band Freshlyground untuk memainkan instrumennya. Waka-Waka dirilis sebulan sebelum turnamen tersebut dimulai yaitu pada 7 Mei 2010. Lagu ini diproduksi oleh Shakira dan John Hill, mereka juga terlibat dalam penulisan lirik. Dijelaskan bahwa liriknya mendorong seseorang untuk mencapai tujuannya seperti seorang prajurit di medan perang.

BARCELONA, SPAIN - FEBRUARY 03:  Shakira attends 'Zootropolis' premiere at Cinesa Diagonalon February 3, 2016 in Barcelona, Spain.  (Photo by Xavi Torrent/Getty Images)Shakira Foto: Xavi Torrent/Getty Images

2. Jadi lagu hits dengan banyak prestasi

Waka-Waka menjadi salah satu lagu hits yang memiliki banyak prestasi. Ketika dirilis, lagu ini berhasil menduduki peringkat pertama di lima belas negara. Lagu yang dinyanyikan oleh Shakira ini juga memiliki sertifikasi platinum oleh Recording Industry Association of America (RIAA) karena menjual lebih dari satu juta unit di negara tersebut. Selain itu, Waka-Waka juga memperoleh sertifikasi multiplatinum di sebelas negara.

3. Sebagai representasi kegembiraan

Menjadi penyanyi yang terlibat dalam turnamen bergengsi sebagai pengisi soundtrack, Shakira mengungkapkan bahwa dia sangat bersyukur. Apalagi lagu tersebut dipilih sebagai representasi terhadap kegembiraan Piala Dunia FIFA 2010. Single Waka-Waka juga menempati penjualan tercepat dan single Piala Dunia dengan penjualan terbesar di era digital.

"Piala Dunia FIFA adalah keajaiban dan kegembiraan global. Menghubungkan setiap negara, ras, agama dan kondisi di sekitar menjadi satu gairah yang sama. Lagu ini mewakili sebuah peristiwa yang memiliki kekuatan untuk bersatu dan berintegrasi," kata Shakira dalam sebuah wawancara.

(aay/aay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT