Royalti Lagu Andien Ciptaan Satria Alexa Nunggak 2 Tahun dan Belum Dibayar

ADVERTISEMENT

Royalti Lagu Andien Ciptaan Satria Alexa Nunggak 2 Tahun dan Belum Dibayar

Pingkan Anggraini - detikHot
Sabtu, 12 Nov 2022 08:25 WIB
Satria Alexa
Foto: Pingkan/detikcom
Jakarta -

Satria yang merupakan gitaris Alexa dan juga pencipta lagu. Dia mengklaim sejumlah uang royalti dari salah satu lagu Andien karyanya belum dibayarkan selama dua tahun. Hal ini menjadi salah satu keresahannya sebagai musisi ketika membahas soal royalti musik.

Dalam lagu Andien tersebut, Satria Alexa menjabat sebagai produser. Hingga kini selama dua tahun berjalan dia belum pernah merasakan hasil dari kerja kerasnya buat lagu itu.

"Dari teman saya aja Andien, saya produce lagu Indahnya Dunia, menang lagu jazz terbaik, sampai dibikinin video klipnya. Andiennya aja belum dapat, saya juga belum dapat, sampai sekarang. Udah dua tahun yang lalu," ujar Satria saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (11/11/2022).

Satria menegaskan, dirinya tidak pernah bertahan hidup hanya mengandalkan uang royalti saja. Karena bagi Satria, bayaran royaltinya sangat kecil dan tidak bisa diandalkan.

"Nggak (musisi tidak bisa hidup dari royalti), kalau saya pribadi," ujar Satria.

"Saya tidak pernah hidup dari royalti saya pribadi. Makanya saya dari industri rekaman saya banyak di belakang layar dari iklan, produk, produksi dari aransemen lebih ke situ," jelas Satria lagi.

Kata Satria, musisi dangdut atau koplo yang saat ini digandrungi masyarakat saja tidak menjamin telah mendapat royalti yang setimpal.

Biasanya, beberapa royalti didapatkan dengan banyak jika memang lagunya terus diputar. Namun tidak semua musisi seberuntung itu.

(pig/aay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT