Kotak Klaim Tak Lagi Bawakan Lagu Ciptaan Posan Tobing di Panggung

ADVERTISEMENT

Kotak Klaim Tak Lagi Bawakan Lagu Ciptaan Posan Tobing di Panggung

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Minggu, 09 Okt 2022 07:05 WIB
Chua Kotak
Foto: Instagram Chua Kotak
Jakarta -

Posan Tobing speak up soal band Kotak yang tidak pernah membayarkan royalti atas lagu-lagu yang dia ciptakan dan masih dibawakan oleh Kotak di panggung. Namun, tudingan itu dianggap salah sasaran oleh Kotak.

Ada beberapa alasan yang dibeberkan Kotak. Dalam klarifikasinya, mereka menyebut bahwa sudah sejak lama band itu tidak pernah lagi manggung membawakan lagu-lagu yang 100 persen diciptakan oleh Posan Tobing.

Sementara dalam klaimnya, Posan Tobing menagih royalti atas beberapa lagu yang ikut serta dia ciptakan. Di antaranya Pelan-pelan Saja, Selalu Cinta, Masih Cinta, Tinggalkan Saja, Kerabat Kotak, hingga Cinta Jangan Pergi.

"Dan aku juga ingin menanggapi posting-an Posan yang menyatakan bahwa lagu-lagu Pelan-pelan Saja, Selalu Cinta, dan Masih Cinta itu adalah ciptaannya. Tapi aku perlu meluruskan, ada peran Pay dan Dewiq di situ. Jadi aku boleh jabarin ya persentasenya," tutur Cella dalam video klarifikasinya yang diunggah ke media sosial. detikcom sudah mendapat izin dari Cella untuk mengutip isi pernyataan dalam video itu.

"Lagu Pelan-pelan Saja, Dewiq 50%, Pay 25%, sisanya 25% dibagi 4 masing-masing mendapatkan 6,25%; lagu Selalu Cinta, Dewiq 50%, Pay 30%, sisanya 20% dibagi 4 masing-masing mendapatkan 5%; lagu Masih Cinta, Dewiq 50%, Pay 12,5%, Kotak 37,5% dibagi 4 masing-masing mendapatkan 9,38%," jelas Cella.

"Lagu Tinggalkan Saja, ciptakan Kotak dan Pay, lirik saya (Cella) yang buat. Tapi memang ada lagu-lagu yang diciptakan Posan sendiri, kayak Kerabat Kotak, Cinta Jangan Pergi, Kuingin Sendiri. Itu memang murni 100 persen ciptaan Posan. Tapi semenjak 2011 memutuskan keluar, kami hampir tidak pernah membawakan lagu itu kan," tegas Cella lagi.

Kerabat Kotak awalnya memang lagu yang dikhususkan buat fans. Lagu itu dibawakan sebagai lagu wajib saat manggung.

Namun Tantri menyebut bahwa kini Kotak punya anthem lain. Lagu tersebut berjudul Energi dan tidak terkait dengan Posan Tobing. Energi merupakan lagu ciptaan Cella yang termasuk dalam album Terbaik.

"Kita juga memiliki anthem bagi Kerabat Kotak yang selalu kami bawakan, judul lagunya Energi. Sampai detik ini kita bawakan karena kita merasa Kerabat Kotak adalah sumber energinya Kotak juga," tutup Tantri.

(aay/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT