Kotak pun Beraksi Balas Tudingan Posan Tobing soal Royalti

ADVERTISEMENT

Round Up

Kotak pun Beraksi Balas Tudingan Posan Tobing soal Royalti

Tim detikcom - detikHot
Sabtu, 08 Okt 2022 22:04 WIB
Kotak
Foto: Ismail/detikHOT
Jakarta -

Posan Tobing, mantan personel band Kotak, speak up soal band lamanya itu. Dia mengklaim tidak pernah mendapatkan haknya sebagai musisi dan pencipta lagu. Hak yang dimaksud adalah performance right dari lagu-lagu yang dia ciptakan dan dibawakan oleh Kotak di atas panggung.

Tidak hanya itu saja, Posan Tobing mengaku kesal dan sakit hati mendengar pernyataan Tantri, Chua, dan Cella soal pembagian bayaran. Dia merujuk pada sebuah video YouTube di mana tiga personel Kotak itu menyebut bahwa mereka tidak lagi mau mencari drummer baru menggantikan Posan Tobing, karena lebih suka membagi uang hasil manggung bertiga.

"Boleh kalian ngomong kayak gitu, nggak ada yang ngelarang, karena memang sepatutnya dibagi tiga, tapi sebelum dibagi tiga, hak orang disisihkan dulu," kata Posan Tobing saat diwawancarai di Studio Trans TV belum lama ini.

Posan Tobing menyebut dirinya memiliki andil dalam terciptanya lagu-lagu populer milik Kotak seperti, Pelan-pelan Saja, Selalu Cinta, Masih Cinta, Tinggalkan Saja, Kerabat Kotak, hingga Cinta Jangan Pergi.

Lagu-lagu tersebut memang seringkali dibawakan oleh Kotak selama manggung.

"Jangan lupa, kalian konser ke mana-mana, itu bawa karya-karya yang ada ciptaan saya di situ," tutur Posan Tobing.

"Nggak pantas kalian ngomong bagi tiga sebelum kalian memberikan hak orang yang terkait dari lagu itu," sambungnya.

Kotak pun beraksi membalas pernyataan Posan Tobing. Dalam sebuah video yang diunggah ke TikTok, Tantri, Chua, dan Cella mengklarifikasi tudingan dari Posan Tobing.

Ada beberapa hal yang dialamatkan oleh Kotak dalam pernyataan itu. Salah satunya adalah soal tagihan yang salah alamat. Menurut Kotak, tidak tepat kalau Posan menagih pembagian royalti ke mereka.

Selain itu, Cella menjelaskan soal persentase pembagian royalti beberapa lagu yang diklaim oleh Posan Tobing. Dalam penjelasannya, Cella membeberkan royalti bagian Kotak tetap dibagi empat termasuk hak untuk Posan.

Cella juga mengelaborasi penjelasannya. Menyoal beberapa lagu yang 100 persen merupakan karya cipta Posan Tobing sudah tidak pernah lagi mereka bawakan di panggung sejak Posan mengundurkan diri.

Klarifikasi lengkap Kotak (di halaman selanjutnya)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT