Mengenal Ukeba Squad, Band Ukulele Pertama di Indonesia

ADVERTISEMENT

Mengenal Ukeba Squad, Band Ukulele Pertama di Indonesia

Mauludi Rismoyo - detikHot
Kamis, 01 Sep 2022 11:43 WIB
ukeba squad
Mengenal Ukeba Squad, Band Ukulele Pertama di Indonesia. (Foto: ist)
Jakarta -

Ranah musik Tanah Air kembali dihiasi oleh segudang talenta dengan keunikannya masing-masing. Kali ini giliran Ukeba Squad yang menyita perhatian banyak pasang mata sebagai band ukulele pertama di Indonesia, bahkan bisa jadi di dunia dalam format full band.

Terbentuk sejak 8 Juni 2014, band asal Yogyakarta itu menjadi amat unik dengan menampilkan instrumen ukelele sebagai senjata utama mereka.

Telah cukup lama malang melintang mengisi banyak panggung, band itu terhitung telah memiliki 4 single andalan serta satu debut album dengan tajuk Masyarakat Ukulele yang tengah digarap.

Empat lagu hits Ukeba Squad di antaranya Jangan Omong Doang, Kreji! (2015), Teruke-Uke (2016), Cabe-Cabean (2016), dan terakhir Kayak Yang Betul (2019).

Digawangi oleh Igo (vokal & ukulele bass/ubass), Gian (vokal & ukulele), Rizal (vokal & ukulele), dan Obo (drum), keempatnya dengan kompak membawa misi untuk memasyarakatkan ukulele dan mengukulelekan masyarakat.

Hal itu dibuktikan langsung melalui apa yang mereka sebut sebagai #UkeShow yang belum lama ini mereka tampilkan di Kafe WOW, kawasan Warung Buncit, Jakarta Selatan.

Melalui acara perayaan ulang tahun pertama Kafe WOW tersebut, Ukeba Squad beserta ukulelenya berhasil memeriahkan malam minggu para pengunjung yang tengah bersantai ria.

"Ukeba Squad Band sudah tampil sebanyak tiga kali di Kafe WOW ini. Sarana soundsystem dan lighting-nya di panggung juga sudah memenuhi standar panggung pertunjukan. Selain itu, menu yang tersedia juga enak-enak, pokoknya paket lengkap deh di kafe ini," ujar Igo sang pentolan Ukeba Squad.

Pecah di tiap penampilannya, pihak Kafe WOW pun akhirnya menjalin kerja sama dengan Gajahmada Records selaku label dari Ukeba untuk mengisi live music yang disediakan.

Selain Ukeba Squad, beberapa artis tergabung dalam label legendaris di Indonesia yang telah berdiri sejak 1986. Para musisi itu ialah Zinidin Zidan, Valdy Nyonk, AXL Ramanda, Gabe Wely, Devta Pramesthi, Syahrul Hikmal, Syam Alamsyah, dan masih banyak yang lainnya.

Dengan adanya panggung musik yang dihelat secara regular, hal itu sekaligus dijadikan sebagai hadiah dari pihak Kafe WOW kepada para pengunjung.

"Kafe WOW bekerja sama dengan Gajahmada Records dalam menyajikan hiburan live music. Jadi di kafe ini setiap Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu kita selalu menampilkan penyanyi-penyanyi dari GM Records," tutur pemilik Kafe WOW, Andri Laksono.

"Kafe WOW menjadi salah satu tempat pilihan nongkrong anak muda. Dengan kolaborasi kita dengan GM Records bisa semakin menarik perhatian pengunjung, terutama anak-anak muda," pungkasnya.

(mau/aay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT