Dilelang, Gitar Legendaris Kurt Cobain Terjual Rp 66 M

Pingkan Anggraini - detikHot
Selasa, 24 Mei 2022 11:50 WIB
Pakaian Kurt Cobain Yang Dilelang
Dilelang, Gitar Legendaris Kurt Cobain Terjual Rp 66 M. (Foto: The Sun)
Jakarta -

Heboh gitar milik mendiang Kurt Cobain dijual seharga Rp 66 miliar. Diketahui, gitar yang dijual itu sempat digunakan Kurt Cobain pada video musik Nirvana bertajuk Smells Like Teen Spirit.

Gitar elektrik Fender Mustang 1969 itu dijual ke Jim Irsay Collection dari Indianapolis dalam lelang di Julien's Auctions. Pelelangan itu terlaksana pada beberapa hari lalu.

Presiden Julien's Auctions Darren Julien mengatakan, gitar legendaris itu paling signifikan secara budaya dan sejarah musik rock. Hal ini dikutip detikcom dari Variety pada Selasa (24/5/2022).

"Untuk memiliki gitar legendaris ini, salah satu gitar Kurt Cobain paling signifikan secara budaya dan sejarah, dan dalam semua sejarah musik rock kembali ke Indianapolis," ujar Presiden Julien's Auctions Darren Julien.

"Lelang sekali seumur hidup ini telah menjadi salah satu keistimewaan terbesar dalam karier profesional saya dan saya sangat senang hasilnya juga akan membawa perhatian yang dibutuhkan untuk kesadaran kesehatan mental," lanjutnya.

Diketahui, gitar tersebut didapat Jim Irsay Collection setelah melalui perang penawaran antar kolektor dari seluruh dunia.

Namun siapa yang sangka, gitar itu dapat terjual seharga Rp 66 miliar. Padahal sebelumnya ditafsir senilai Rp 88 miliar.

Lebih lanjut, Kurt Cobain menganggap Fender Mustang 1969 sebagai salah satu gitar favoritnya. Hal itu diungkap oleh sang legenda dalam wawancara terakhirnya dengan Guitar World.

Kurt Cobain dalam wawancaranya pernah mengatakan, gitar tersebut didapatkan dengan harga yang terjangkau. Selain itu, gitar tersebut juga mendukung penampilannya yang biasa memainkan sesuatu dengan tangan kiri atau kidal.

Lalu, gitar kidal tersebut juga digunakan selama sesi rekaman Nevermind dan In Utero, serta berbagai pertunjukan live Nirvana.

Gitar itu kemudian dilelang oleh keluarga Cobain dalam rangka mendukung Bulan Kesadaran Kesehatan Mental.

(pig/mau)