ADVERTISEMENT

Dear Gen Halilintar, Kapan Bayar Rp 300 Juta Ganti Rugi Lagu Lagi Syantik?

Dicky Ardian - detikHot
Jumat, 20 Mei 2022 12:02 WIB
Gen Halilintar
Foto: Instagram @genhalilintar
Jakarta -

Nagaswara memenangkan gugatan terkait lagu Lagi Syantik yang dipopulerkan oleh Siti Badriah atas Gen Halilintar. Namun sejauh ini, Gen Halilintar belum memberikan uang ganti ruginya.

Berdasarkan putusan Peninjauan Kembali di Mahkamah Agung pada Desember 2021, Gen Halilintar diminta membayar ganti rugi sebesar Rp 300 juta. Putusan itu juga sudah berkekuatan hukum tetap atau inkracht.

"Putusan hukum ini sudah final, berkekuatan hukum tetap. Tapi sampai sekarang belum ada itikad baik untuk membayar," kata Yosh Mulyadi, kuasa hukum Nagaswara dalam jumpa pers di Kantor Nagaswara, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (19/5/22).

Yosh Mulyadi melanjutkan, jika Gen Halilintar tidak membayarkan uang tersebut, pihaknya bakal menempuh upaya hukum lanjutan.

Seperti diketahui, kasus pelanggaran hak cipta untuk lagu Lagi Syantik berjalan begitu lama, sejak 2018 hingga 2021. Rahayu Kertawiguna, CEO Nagaswara, mengaku tidak percaya memenangkan gugatan itu.

"Saya juga nggak percaya kalau kita yang menang. Ini berkah kalau kita tidak pernah menyerah," katanya terharu.

Nagaswara Rilis Platform Festival SuaraNagaswara Rilis Platform Festival Suara Foto: dok. Nagaswara

Bagi Nagaswara, kemenangan ini bukan untuk mencari uang. Sebagai label rekaman, pihaknya ingin memperjuangkan hak cipta yang direbut oleh Gen Halilintar.

Adanya kejadian ini, Nagaswara berharap publik lebih sadar atas pentingnya menghormati hak cipta. Namun Nagaswara juga tidak mau para kreator musik jadi kesulitan.

Oleh karena itu, Nagaswara bekerja sama dengan PAMPI (Prakarsa Antar Musik Publishing Indonesia) mengenalkan platform Festival Suara.

Di platform tersebut, para kreator bisa menjadi anggota dan memilih katalog lagu yang disediakan oleh para publisher. Lewat jalur ini, prosedur perizinan diharapkan bisa jauh lebih mudah.



Simak Video "Perwakilan Gen Halilintar Beberkan Alasan Belum Bayar Denda Rp 300 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(dar/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT