Prambanan Jazz 2022 soal Hadirkan Musisi Luar Negeri

Prih Prawesti Febrian - detikHot
Minggu, 10 Apr 2022 14:26 WIB
Aksi panggung Fourtwnty saat tampil di Prambanan Jazz 2020 di komplek Candi Prambanan, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (31/10/2020). Prambanan Jazz Virtual Festival kali ini dilaksanakan secara daring untuk mencegah penyebaran COVID-19.
Prmbanan Jazz 2022 bicara tentang bintang tamu musisi dari luar negeri. Foto: PIUS ERLANGGA
Jakarta -

Gelaran musik Prambanan Jazz Festival 2022 sudah diumumkan bakal digelar lagi. 1-3 Juli 2022 gelaran festival tersebut akan digelar.

Jika tak ada aral-melintang, acara tersebut akan dilangsungkan di Lapangan Rama Shinta, Candi Prambanan, Yogyakarta. Beberapa urutan nama penampil juga sudah diumumkan sebelumnya.

Beberapa penampil di antaranya adalah Kahitna, Kunto Aji, Diskoria, Kukuh Kudamai feat Ndarboy Genk, Bemandry, Andien, Mus Mujiono dengan Deddy Dhukun serta Everyday.

"Tentunya masih banyak lagi penyanyi yang bakal tampil dalam gelaran kali ini ya. Soal musik ada pergeseran cukup unik dan beberapa musisi ada ruang khusus," papar Bakkar Wibowo sebagai Co-founder Prambanan Jazz Festival.

Lantas bagaimana dengan musisi luar negeri? Sebelumnya Anas Syahrul Alimi yang tak lain adalah Founder Rajawali Indonesia & CEO Prambanan Jazz Festival mengatakan untuk tahun ini belum bisa menghadirkan musisi luar negeri karena regulasi.

Tapi saat menggelar jumpa gelar wartawan secara virtual mengatakan jika sampai saat ini masih akan menunggu dinamika yang berlaku.

"Kami sedang menunggu dinamikanya, adalah kami bisa mendatangkan artis internasional atau tidak. Mudah-mudahan kami bisa menghadirkan artis internasional, ya kita lihat saja nanti kejutannya," tutur Anas Alimi lagi.

Nantinya di acara puncak Prambanan Jazz Festival 2022 bakal ada musisi berbakat yang bakal tampil. Metranet dan Rajawali mencari musisi berbakat untuk tampil di Prambanan Jazz Festival nantinya.

Sebelumnya ajang Borneo Goes to Prambanan Jazz Festival pada 2021 sudah sukses digelar. Metranet dan Rajawali kini mencari musisi berbakat di Jawa Barat dan Jakarta untuk ikutan di ajang Jawara Jakarta Goes to Prambanan Jazz Festival 2022.

"Karena ini industri kreatif, maka pastinya musisi juga kreatif dalam menyesuaikan situasi yang ada dan bisa memanfaatkan momentum Ramadan ini," kata Faizal Yusuf selaku Direktur Bisnis Metranet.

"Mudah-mudahan program ini bisa memberikan manfaat untuk kita bersama, masyarakat, menumbuhkan talenta-talenta musik Indonesia dengan membuka selebar-lebarnya kesempatan bagi musisi berbakat untuk mendapatkan akses masuk ke industri musik ini," tuturnya lagi.

Kompetisi Jawara Jakarta Goes to Prambanan Jazz Festival 2022 dimulai 6 April sampai 21 April 2022, untuk tahap pendaftaran dan submission karya dari kedua region.

Dari banyak pendaftar, nantinya akan terus disaring sampai ke babak grand final dari 10 peserta akan dipilih dua musisi yang nantinya akan tampil di puncak acara Prambanan Jazz Festival 2022.



Simak Video "Marvel Studios Exhibition Pamerkan Sejumlah Karakter Gagah Marvel"
[Gambas:Video 20detik]
(wes/pus)