Ramai Isu Tiket Konser Justin Bieber Jakarta Diborong Akun dengan Bot

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Minggu, 03 Apr 2022 14:20 WIB
Justin Bieber
Foto: dok. Sound Rhythm
Jakarta -

Tiket konser Justin Bieber di Jakarta terjual habis untuk dua hari show. Tak lama setelah status sold out show kedua diumumkan saat penjualan tiket pada Sabtu (2/4/2022), ramai di Twitter sebuah akun yang melakukan transaksi pembelian tiket dengan menggunakan bot.

Bot, atau web robot, adalah perangkat lunak/aplikasi yang dijalankan secara otomatis untuk melakukan sebuah perintah di internet. Dalam hal ini bot digunakan agar bisa melakukan booking tiket konser Justin Bieber.

Seperti pantauan detikcom saat dua kali penjualan tiket pada Selasa (29/3/2022) dan Sabtu (2/4/2022), server sempat mengalami masalah hingga antrean masuk ke loket penjualan yang memakan waktu satu hingga dua jam. Setelah berhasil masuk ke halaman transaksi tiket, banyak tiket sudah fully booked sehingga tidak bisa lagi dipesan.

Sebuah akun Twitter mengunggah proses booking dengan menggunakan bot yang kemudian jadi heboh. Akun dengan nama @nuggett_enakk itu mem-posting video proses booking dengan bot yang dilakukannya. Akun itu kini sudah digembok sehingga cuitannya tak lagi bisa dilihat publik. Namun akun lain (yang juga akhirnya dikunci) mengunggah ulang tangkapan layar dari Twitter @nuggett_enakk.

"Ini juga aku masih dibantu sama temen-temen discord, jadi kita emang nge-war (berusaha mendapatkan tiket) bareng-bareng juga pas ada yang mesen tiket VIP. Soalnya status masih full booked belum sold out, jadi masih ada," demikian salah satu cuitan dari akun @nuggett_enakk yang beredar dari tangkapan layar.

Dalam video yang diunggah akun yang sama diperlihatkan banyak jendela halaman loket tiket konser Justin Bieber. Proses booking yang dilakukan dengan bot berjalan begitu cepat sehingga netizen yang merupakan fans Justin Bieber berspekulasi bahwa mereka "dikalahkan" dalam proses perang tiket karena ada yang curang menggunakan bot.

Pihak loket penjualan tiket dan promotor, BliBli hingga PK Entertainment, belum memberikan pernyataannya soal hal ini. Sementara fans Justin Bieber sudah terlanjur kesal karena tidak bisa mendapatkan tiket imbas ada oknum yang curang.

"Udah pakai bot, tiketnya dijual lagi dengan harga markup, gimana nih?" komentar salah satu pengguna Twitter.

"Kalo bukan buat pribadi trus kayak gini sih jahat banget asli," komentar yang lain.

Ada pula netizen yang mengomentari lemahnya keamanan dari sistem penjualan yang tidak menggunakan captcha. Namun netizen lain menegaskan bahwa meski menggunakan captcha bot tetap juga bisa digunakan.

Justin Bieber akan konser selama dua hari di Jakarta pada November 2022. Show pertama dijadwalkan 3 November 2022, setelah tiket ini ludes, show kedua ditambahkan satu hari sebelumnya yaitu 2 November 2022.



Simak Video "Antusiasme Fans Tinggi, Konser Justin Bieber di Jakarta Tambah Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(aay/wes)