Dua Lipa Digugat!

Pingkan Anggraini - detikHot
Kamis, 10 Mar 2022 11:15 WIB
Dua Lipa
Foto: Instagram
Jakarta -

Dua Lipa menjadi deretan artis yang digugat karena diduga menjiplak lagu dari L. Russell Brown dan Sandy Linzer. Lagu yang dituding hasil jiplakan adalah Levitating.

Dalam tudingan ini, melodi yang ada pada Levitating diduga adalah percampuran dari lagu L. Russell Brown dan Sandy Linzer.

Dua lagu yang diduga dijiplak Dua Lipa adalah Wiggle and Giggle All Night dan Don Diablo.

Bukan tanpa bukti, Brown dan Linzer mencatat bagian melodi mana saja yang sama dengan lagu mereka. Mulai dari penyampaian ritmis hingga frasa pembuka.

"Terdakwa (Dua Lipa) telah merampas kekayaan intelektual penggugat (Brown dan Lienzer)" tulis pengacara Brown dan Linzer dalam gugatannya, seperti dikutip detikcom dari Aceshowbiz, Kamis (10/3/2022).

"Penggugat mengajukan gugatan sehingga tergugat tidak dapat melepaskan diri dari pelanggaran yang disengaja," lanjutnya.

Adapun gugatan itu ditujukan kepada Dua Lipa, Warner Music Group selaku label, DaBaby yang jadi rekan duet dalam Levitating. Selain itu, tim penulisan dan produksi single Levitating.

Diketahui, lagu Levitating juga telah sukses mendapat perhatian di TikTok. Hal ini juga menjadi titik permasalahan Brown dan Linzer.

Diketahui, Brown dan Linzer sempat memperhatikan ucapan Dua Lipa dalam salah satu wawancara.

Saat itu Dua Lipa mengaku, pada single terbarunya, ia sengaja meniru era sebelumnya dan mengambil inspirasi dari musik ikonis untuk lagu bernuansa retro.

"Dalam mencari inspirasi nostalgia, tergugat menyalin ciptaan penggugat tanpa atribusi," jelas Brown dan Linzer.

Bukan hanya itu saja, Dua Lipa juga digugat oleh band asal Florida, Artikal Sound System, terkait kasus serupa.

Single Levitating dianggap menjiplak lagu mereka yang bertajuk Live Your Life.



Simak Video "Dua Lipa dan Anwar Hadid Dikabarkan Putus"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/wes)