Camelia Malik Nyanyi Dangdut Sambil Jaipongan, Idenya dari Mana?

Ahsan - detikHot
Rabu, 02 Feb 2022 08:03 WIB
Camelia Malik Usai Menjenguk Ahmad Dhani di Rutan Cipinang
Camelia Malik Foto: Lisye Sri Rahayu/detikcom
Jakarta -

Camelia Malik merupakan salah satu penyanyi dangdut senior yang sudah lama wara wiri di belantika musik dangdut. Lagu Colak-colek yang dirilis pada 1979 sukses besar dan melambungkan namanya.

Saat dulu, Camelia Malik dikenal luas oleh publik karena kerap bernyanyi dangdut sembari menari Jaipong sehingga mendapat sebutan Diva Dangdut Jaipong.

Walaupun begitu, memiliki darah Minangkabau, pelantun Wakuncar ini memilih tari Jaipong yang merupakan khas Jawa Barat sebagai ciri khasnya. Ia mengungkapkan, tari Jaipong pada saat memulai debutnya di musik dangdut merupakan tarian yang sedang populer.

"Jadi, gini, saya senang menyanyi, tetapi saya juga senang menari. Tari itu dari kecil, dulu saya ikut-ikutan, sampai belajar di sanggar tari, tari jawa, tari Bali, tari Sumatera, tari Jaipong. Itu mulai hits, mulai top setelah ada Tati Saleh sama Gugum Gumbira penciptanya," kata Camelia Malik ketika ditemui di Studio Trans TV di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Senin (31/1/2022).

Demi mempelajari tari Jaipong, Camelia Malik rela pergi ke Bandung. Tak hanya untuk belajar menari, ia juga menyempatkan untuk belajar lagu-lagu daerah.

"Jadi, saya pergi ke Bandung untuk belajar, itu hanya mengisi waktu saja. Tapi, akhirnya menjadi profesi tambahan. Jadi, akhirnya saya bisa penari juga, saya bisa penyanyi juga. Dan saya bisa nyanyi lagu-lagu daerah yang ada penampilannya," ujar Camelia Malik.

Tak hanya tarian Jaipong saja, Camelia Malik juga mengatakan jika ia juga bisa tarian-tarian lain. Namun saat itu memang Jaipong memang sedang populer serta dapat dikombinasikan dengan musik dangdut.

"Tari yang lain saya belajar, saya bisa tari Sumatera, Tari Jawa. Tapi, pada waktu itu, Jaipong itu top banget. Saya bisa sendiri. Jaipong itu bisa rampak, bisa dibawakan ramai-ramai, tapi bisa sendiri. Nah, pada waktu sendiri itu saya sedikit memodifikasi kan sama dangdut. Jadi, bisa sambil nyanyi, bisa sambil tari," tutur Camelia Malik.

(dar/dar)