Dangdut Dianggap Rendahan, Camelia Malik: Ini Musik Luar Biasa!

Ahsan - detikHot
Rabu, 02 Feb 2022 06:31 WIB
Camelia Malik Usai Menjenguk Ahmad Dhani di Rutan Cipinang
Camelia Malik Foto: Lisye Sri Rahayu/detikcom
Jakarta -

Camelia Malik merupakan salah satu artis senior Tanah Air yang dikenal multitalenta. Pada 1980-an, wanita yang biasa disapa Mia ini populer sebagai aktris film maupun penyanyi dangdut.

Lagu Colak-colek yang dirilis pada 1979 sukses besar dan melambungkan namanya. Adik tiri Ahmad Albar ini semakin dikenal luas oleh publik karena kerap bernyanyi dangdut sembari menari Jaipong sehingga mendapat sebutan Diva Dangdut Jaipong.

Walaupun begitu, ketika pertama kali berkarir di dangdut, Camelia Malik mengaku mendapatkan banyak stigma negatif dari banyak orang.

"Sebelah mata banget sih (penyanyi dangdut). Tetapi, karena (dipandang) sebelah mata, saya merasa, musik ini sangat luar biasa. Karena penggemarnya booming banget," ungkap Camelia Malik ketika ditemui di Studio Trans TV di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Senin (31/1/2022).

Tak hanya Camelia Malik saja, pedangdut lawas yang satu generasi dengannya juga pernah mendapatkan pandangan yang buruk karena memutuskan terjun ke dangdut. Bahkan, sampai saat ini stereotip buruk tersebut masih ada.

"Mulai Rhoma Irama, Elvy Sukaesih, Rita Sugiarto, terus penyanyi yang lain. Sampai era sekarang, itu (pandangan buruk) tidak menghilang," ujar Camelia Malik.

Kemudian, Camelia Malik juga menceritakan bagaimana awal perjalanan kariernya. Pelantun Wakuncar itu mengungkapkan, ia pernah diremehkan oleh orang-orang di sekitarnya karena dianggap berselera rendah.

"Pasti ada (diremehkan orang), 'kenapa sih, kok menyanyi dangdut? Itu kan selera orang rendah'. Aku bilang, 'memangnya orang yang rendah itu nggak boleh punya selera?'," ungkap Camelia Malik.

Melihat banyak orang yang menganggapnya memiliki selera yang rendah, Camelia Malik membalasnya dengan memberi bukti jika hingga saat ini dangdut masih tetap eksis dan bahkan melahirkan talenta-talenta berbakat.

"Kita lakukan apa yang kita mau dengan tanggung jawab profesi. Dangdut ini memang jatuh bangun banget. Tapi, sampai sekarang masih berdiri tegap dan melahirkan penyanyi-penyanyi andalan," tegas Camelia Malik.

Lihat juga video 'Makin Bersinar, Lagu Bahasa Daerah Viral di Sosial Media':

[Gambas:Video 20detik]



(dar/dar)