ADVERTISEMENT

Cara NTRL Pertahankan Eksistensi Sampai Usia 30 Tahun

Pingkan Anggraini - detikHot
Sabtu, 29 Jan 2022 18:32 WIB
NTRL saat berkunjung ke Detik.com
Cara NTRL Pertahankan Eksistensi Sampai Usia 30 Tahun. (Foto: Asep Syafullah)
Jakarta -

Band rock NTRL kini memasuki usia mereka yang ke-30 tahun. Tentunya itu bukan hal yang mudah dilakukan.

Diketahui, NTRL selama perjalanan di dunia musik cukup sering berganti personel. Selain itu, mereka juga sempat mengganti nama band yang dahulu dikenal sebagai Netral.

Membahas mengenai eksistensi mereka dari sejak awal kemunculan pada 1992, NTRL pun akhirnya angkat bicara.

Rupanya, dengan mengikuti perkembangan zaman, hingga era yang ada sekarang membuat NTRL tetap berjaya dari masa ke masa.

"Ya maksudnya kayak band-band sekarang kita juga dengerin. Band sekarang kayak gimana sih, gitu. Jadi buat kitanya pembaruan juga," ujar Eno Gitara Ryanto yang merupakan salah satu dari personel NTRL saat ditemui di kawasan Jakarta Timur, belum lama ini.

Eno menegaskan, sejak dulu sampai sekarang NTRL selalu mendengarkan musik-musik dari band baru. Mereka selalu mengikuti perkembangan zaman yang ada.

Hal itu juga menjadi tolak ukur dan pengetahuan baru untuk NTRL. Bahkan, NTRL juga sempat mengikuti musik-musik dari band baru, namun tak lepas dari jalur mereka.

"Kita mendengarkan ya pasti ya. Kalau ada band yang baru, atau apa gitu. Maksudnya juga buat kayak (pengetahuan) oh sekarang bandnya gini, eranya gini, oke kita ikutin tapi dengan arahnya NTRL," sahut Eno lagi.

Selain itu, mendekatkan diri dengan penggemar mereka juga jadi salah satu yang paling penting.

NTRL hingga sekarang masih terus meng-update kegiatan mereka di media sosial. Interaksi mereka pun saling terjaga.

"Untungnya social media kita masih tetap berjalan dan kita selalu buat sesuatu. Kayak misalkan kita latihan atau apa, kita kasih ke social media. Ya tetap dan kita selalu berinteraksi dengan fans kita ya," sahut sang vokalis, Bagus Dhanar.

(pig/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT