ADVERTISEMENT

Pendapatan Ed Sheeran Turun 110 Ribu Persen Akibat Pandemi, Kini Cuma Rp 11,3 Juta

Asep Syaifullah - detikHot
Selasa, 21 Des 2021 14:37 WIB
Ed Sheeran
Ed Sheeran saat konser di Jakarta. Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta -

Banyak sektor yang terdampak oleh pandemi, salah satunya musik. Beragam acara batal digelar dan tentunya membuat para musisi dan pekerja seni lainnya kehilangan pendapatan.

Seperti yang dialami oleh Ed Sheeran pada setahun belakangan ini. Dilansir dari Mirror, musisi asal Inggris itu mengalami penurunan pendapatan yang sangat drastis bahkan hingga mencapai 110,000%.

Sebelumnya ia bisa meraup keuntungan hingga 70 juta poundsterling atau mencapai Rp 1,3 triliun menjadi hanya 600 poundsterling atau Rp 11,3 juta saja. Bagaimana hal itu terjadi? Berikut kami sajikan rinciannya:

Sejak 2017 hingga 2019, Ed Sheeran menjadi salah satu musisi yang meraup pendapatan tertinggi lewat konser-konsernya. NME melaporkan kekayaan Ed Sheeran melonjak pesat di tahun itu. Bahkan pendapatannya telah mencapai 170 juta Poundsterling atau senilai Rp 3,2 triliun, padahal sebelumnya hanya 94 juta Poundsterling atau Rp 1,7 triliun.

Pendapatan itu diraih tidak lain dari tur konsernya. Selama dua tahun, Ed Sheeran menggelar konser Divide Tour yang digelar di seluruh dunia dengan total 258 pertunjukan.

Selain itu juga dilaporkan jika Ed Sheeran menghasilkan hingga 200 ribu poundsterling atau sebesar Rp 3,7 miliar per harinya dari pertunjukan tersebut.

Namun selama 12 bulan di awal pandemi COVID-19 pendapatan Ed Sheeran perharinya turun drastis hingga hanya mencapai 1,62 poundsterling atau sebesar Rp 30 ribu saja.

Hal itu diungkapkan oleh salah seorang sumber terkait perusahaan milik sang pelantun Perfect itu yakni Hayagotatourboi Touring pada The Sun.

"Ia telah menghasilkan banyak uang dari turnya dan selama tiga tahun belakangan perusahaannya menghasilkan hingga lebih dari 250 juta poundsterling," tuturnya.

Namun semenjak pandemi Ed pun memutuskan untuk menghentikan turnya dan penghasilannya pun berkurang drastis. Perusahaan itu merilis jika pada tahun 2020 tepatnya pada bulan Maret mereka menghasilkan hingga 70 juta poundsterling dan angka itu berkurang jauh setahun setelahnya di mana hanya mencapai 599 poundsterling saja.

"Ia rehat dari dunia musik pada 2019 dan bekerja di Equals adalah alasan bagaimana cash flownya turun drastis," pungkasnya.



Simak Video "Menang Gugatan Hak Cipta, Ed Sheeran Dapat Uang Rp 16,3 Miliar"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT