ADVERTISEMENT

Tashoora Luncurkan Single 'Safi': Merekam Kebebasan Berpendapat

Jauh Hari Wawan S - detikHot
Senin, 20 Des 2021 18:27 WIB
Tashoora
Tashoora Foto: ANTONIUS DIAN
Yogyakarta -

Band asal Yogyakarta, Tashoora merilis single ke-3 mereka yang berjudul Safi. Single yang rilis tanggal 17 Desember kemarin itu ditulis atas maraknya diskriminasi terhadap kelompok rentan dan minoritas.

Single ini juga sebagai refleksi kekhawatiran para personil Tashoora; Dania Joedo (gitar, vokal), Dita Permatas (akordeon, kibor, vokal), dan Gusti Arirang (bas, vokal) atas situasi kebebasan berpendapat.

"Safi merekam situasi kebebasan berpendapat - khususnya di media sosial. Atas nama bebas, kerap kali upaya untuk menghadirkan keadilan dan kesetaraan jadi terpinggirkan. Ruang untuk memahami situasi yang dialami kelompok rentan dan minoritas menjadi sangat kecil dan nyaris tidak ada," kata Dania dalam keterangan tertulis, Senin (20/12/2021).

"Padahal jika suatu hal tidak kita alami, bukan berarti hal tersebut tidak terjadi," sambung Dania saat menjelaskan makna lagu Safi.

Dibantu oleh Dias Widjajanto sebagai produser, Safi dikerjakan dalam kurun waktu dua bulan di tahun 2020.

"Sebenernya Safi sendiri kami rencanakan untuk dirilis tahun 2020 lengkap dengan artwork dan video klipnya, cuma pandemi memaksa kami untuk menundanya. Sounds Cute Might Delete Later yang diluncurkan oleh Sun Eater seperti memanggil kembali semangat kami untuk merilis lagu ini," ujar Dania.

Selain merilis video lirik, Tashoora juga menggandeng sutradara Ryan Sebastian dari Studio Miring untuk memproduksi video musik Safi yang dapat disaksikan di kanal Youtube Tashoora.

Video lirik Safi dapat disimak dalam mini album kompilasi Sounds Cute Might Delete Later edisi Desember 2021 di kanal Youtube Sun Eater, yang rutin diluncurkan setiap bulan sejak Agustus 2021.

"Tashoora menurut gue makin kesini musiknya ada perubahan, menarik untuk kita simak terus evolusinya kaya gimana, jadi kami sepakat mengajak Tashoora untuk terlibat di EP ini," kata Baskara selaku A&R dari Sun Eater.

Tashoora bukanlah nama yang asing lagi di kancah musik Indonesia. Berangkat dari Yogyakarta, Tashoora berhasil mencuri perhatian publik pada tahun 2017 dengan musik pop alternatif nan anthemic dengan lagu-lagu bernafas sosial dan perjuangan. Hingga kini, Tashoora telah melahirkan 1
EP Live, 1 album penuh, dan 3 single.



Simak Video "Asyiknya Menyusuri Gua Sumitro di Kulon Progo"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/tia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT