ADVERTISEMENT

Pamungkas Artis Lokal Paling Banyak Didengarkan di Spotify

Pingkan Anggraini - detikHot
Kamis, 02 Des 2021 13:04 WIB
Pamungkas
Foto: dok. Instagram @frekuensiantara
Jakarta -

Layanan mudik digital, Spotify baru saja merilis daftar artis, lagu, album, hingga podcast yang paling sering didengarkan orang di seluruh dunia.

Konten tersebut disebut Spotify Wrapped.

Lalu nama Pamungkas muncul untuk dua tahun berturut-turut menjadi musisi lokal yang paling banyak didengar di Indonesia.

Pencapaian Pamungkas ini menjadikannya sebagai artis lokal pertama yang berhasil menempati posisi jawara selama dua tahun belakangan ini.

Sebagai contoh lain, lagu Pamungkas dengan judul To The Bone pun berhasil memecahkan rekor di Spotify. Lagu tersebut sebagai single lokal yang menduduki posisi nomor satu terlama di tangga lagu Indonesia Top 50.

Tak hanya itu, To The Bone pun juga menjadi lagu yang paling banyak didengar di Indonesia pada 2021.

"Saya sangat berterima kasih kepada Spotify. Saya bermusik secara independen dan memiliki sumber daya yang terbatas untuk memperkenalkan musik saya. Namun secara mengejutkan, musik saya ternyata tetap bisa ditemukan, dicintai, dan didengarkan begitu banyak orang di berbagai negara," tutur Pamungkas, tertera dalam keterangan pers yang diterima detikcom, Kamis (2/12/2021).

"Tahun 2021 memberikan pengalaman yang tak terlupakan dan merendahkan hati untuk saya. Jujur, saya masih kaget dengan pencapaian ini," lanjut Pamungkas.

Selain Pamungkas, artis lokal yang paling banyak didengarkan di Spotify tahun ini ialah Tulus, Nadin Amizah, Rizky Febian, dan Ardhito Pramono.

Lalu untuk lagu yang paling banyak didengarkan kedua di Indonesia adalah Blue Jeans dari Gangga. Lalu disusul dengan Bertaut milik Nadin Amizah.

Simak video 'BTS dan BLACKPINK Grup K-Pop Paling Banyak Didengar di Spotify':

[Gambas:Video 20detik]



(pig/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT