Andika Mahesa, Antara Kangen Band dan Narkotika

Pingkan Anggraini - detikHot
Jumat, 26 Nov 2021 21:04 WIB
Andika Mahesa saat ditemui di kawasan Trans TV.
Foto: Palevi S/detikFoto
Jakarta -

Andika Mahesa dahulu pernah terjerat narkotika di awal mantan grup bandnya, Kangen Band baru tenar. Andika Mahesa sebagai vokalis Kangen Band pernah mendekam di penjara beberapa waktu dan terpaksa harus kehilangan Kangen Band.

Kali ini, Andika Mahesa blak-blakan menceritakan kisah semasa hidupnya saat tengah menjadi pecandu narkotika.

Andika Mahesa mengaku memang sejak sebelum bergabung Kangen Band, sudah sering mengonsumsi narkotika. Ia sering mengonsumsi narkotika golongan satu yakni jenis ganja.

Saat itu, Andika Mahesa bahkan sempat tak tergiur menjajal dapur rekaman karena tak punya uang. Biaya uang dapur rekaman saat itu lebih baik ia gunakan untuk membeli ganja.

"Gue masih gila narkoba, gele (ganja) terus gue. Jadi orang berpikirnya, ini rekaman bayar Rp 300.000, zaman dulu Rp 300.000 besar tahun 1998, habis krisis moneter," ujar Andika Mahesa, dikutip detikcom dalam YouTube Gofar Hilman, Jumat (26/11/2021).

"Dalam hati gue, 'kita rekaman ngapain? Ngapain gue rekaman, enak gue beli gele," tuturnya lagi.

Namun saat itu Andika Mahesa merasa terketuk pintu hatinya karena ingin menjadi musisi. Dodhy yang merupakan rekannya di Kangen Band dulu menawarkan untuk rekaman bersama.

Andika Mahesa sempat menolak karena baginya uang dengan jumlah Rp 300 ribu lebih baik untuk dibelikan ganja.

Tetapi, pemilik nama panggung Babang Tamvan itu mulai tergiur ketika Dodhy menyebut bayaran yang akan didapatkan justru lebih besar.

"Ngapain gue rekaman? Jadi artis nggak, jadi masa depan nggak'. Suatu ketika, Dodhy sudah rekaman. 'Lu mau nggak bayar?', katanya. 'Nanti ganti vokalisnya lu', 'gue bilang, gue mendingan beli gele daripada gue rekaman', 'oh ini besar pendapatannya', 'besar dari mana?', 'nanti kalau lagu kita tenar, kita bakal manggung di cafe'", jelas Andika Mahesa lagi.

Andika MahesaAndika Mahesa Foto: Noel/detikhot

Pada 2005, Andika Mahesa harus menjalani kehidupannya dalam jeruji besi. Hal itu karena Andika Mahesa terjerat kasus narkotika.

Saat itu mantan bandnya, Kangen Band tengah ikut audisi di sebuah label musik. Beberapa band lain saat itu mengaku bahwa mereka lah Kangen Band yang asli.

Namun, tujuh band yang mengaku Kangen Band tidak diterima di label itu. Alasannya karena suara mereka tidak sama seperti yang ada pada lagu Kangen Band.

Dodhy beserta personel Kangen Band lainnya ikut audisi dan lolos. Namun, pihak label tak mudah percaya karena suara Dodhy tidak mirip.

Dodhy akhirnya menjelaskan bahwa penyanyi sebenarnya adalah Andika Mahesa yang tengah berada di penjara. "Tahun 2005, akhirnya gue ketangkap kasus narkoba, gue masuk (penjara)" tutur Andika.

"Jadi ini orang cari, berhari-hari, bertahun-tahun. 'Yang mana vokalisnya?'. Kebetulan, memang ada tujuh band yang masuk ke label itu mengatasnamakan Kangen Band. Jadi begitu mereka di label, dites, suaranya tidak sama. Akhirnya yang kedelapan itu percaya karena Dodhy liriknya benar, chord benar, dites Dodhy. Ternyata begitu Dodhy nyanyi, nggak sama suaranya. Di situlah Dodhy jujur," papar Andika.

Setelah itu, pihak label musik datang ke dalam penjara untuk menemui Andika Mahesa. Saat itu mereka membawakan gitar untuk Andika Mahesa bernyanyi.

Andika Mahesa langsung bernyanyi dan suaranya memanglah sama dengan lagu dari Kangen Band. Saat itu Andika Mahesa merasa seperti tengah mengikuti ajang pencarian bakat.

"Datanglah ke penjara, ini para produser. Sampai ke penjara, lu tahu nggak? Kayak Indonesia Mencari Bakat," ujar Andika Mahesa sambil berseloroh.

"Mereka bawa gitar, gue disuruh nyanyi. Kayak nggak percaya sama gue," lanjutnya.

Sebagai tambahan informasi, Andika Mahesa memang sudah bolak-balik masuk jeruji besi. Tentunya hal itu membuat nama Andika Mahesa sangat kontroversial.

Lebih lanjut, Andika Mahesa pernah kembali terjerat narkotika pada 2011. Andika Mahesa saat itu kedapatan mengonsumsi ganja dan dibekuk di kawasan Cibubur, Jakarta Timur.

Andika Mahesa tak sendirian, ia tengah bersama Izzy, rekan satu bandnya.

Andika Mahesa dan Izzy terpaksa menjalani hukuman satu tahun rehabilitasi. Keduanya menjalani rehabilitasi di Badan Narkotika Negara (BNN) yang terletak di kawasan Lido, Sukabumi, Jawa Barat.

Lalu usai terjerat kasus itu, Andika Mahesa terpaksa harus dikeluarkan oleh bandnya, Kangen Band karena diduga telah melanggar kontrak.



Simak Video "Ini yang Bikin Andika Mahesa Putuskan Lamar Penggemarnya"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/tia)