Jarwo: Naif Masih Ada!

Pingkan Anggraini - detikHot
Jumat, 22 Okt 2021 18:08 WIB
Jarwo menegaskan hingga saat ini ia masih jadi personel Naif. Naif masih ada!
(Foto: Palevi/detikcom) Jarwo menegaskan hingga saat ini ia masih jadi personel Naif. Naif masih ada!
Jakarta -

Gonjang-ganjing isu bubarnya band Naif hingga saat ini masih bergulir. Sang gitaris, Fajar Endra Taruna atau Jarwo menegaskan hingga saat ini Naif masih ada dan tidak bubar.

Jarwo saat bincang-bincang santai bersama awak media di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Jumat (22/10/2021) menegaskan hingga saat ini ia masih jadi personel Naif.

Meski begitu, Jarwo memang mengaku hanya sendiri di Naif. Sebab ketiga personel lainnya, Mohammad Amil Hussein Alhajri alias Emil, Franky Indrasmoro Sumbodo atau Pepeng, dan David Bayu sebagai vokalis memutuskan untuk hengkang.

"Naif itu masih ada," tegas Jarwo.

"Karena beberapa media atau masyarakat umum ya taunya Naif udah bubar. Itu yang pengen gue luruskan," lanjut Jarwo.

Jarwo menjelaskan, ia memang mendapatkan surat dari Emil yang diantarkan seorang kurir. Isi surat itu merupakan informasi pengunduran diri dari Emil, Pepeng, dan David sebagai personel Naif.

Dalam hal ini, Jarwo merasa tak pernah diajak dalam komunikasi terkait kelanjutan Naif.

Setelah banyak meminta pendapat dari kuasa hukumnya, Ramdan Alamsyah, Jarwo memantapkan diri untuk mendaftarkan nama Naif ke Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual atau DJKI.

Jarwo menjelaskan, niatnya mengkukuhkan nama Naif agar nantinya tidak digunakan oleh orang lain di luar bandnya. Ia juga sudah membagi-bagikan hak kepada orang-orang yang terlibat dalam Naif.

"Urusan HAKI, setelah gonjang-ganjing kemarin, gue ngobrol sama pengacara ini ya akhirnya 'udah daftarin aja'. Untuk mempersingkat urusan, ya akhirnya daftarin dulu deh," ujar Jarwo.

"Niatnya kalau udah dapat, semua orang yang ada haknya di Naif ini kebagian haknya. Gue gak niat mau ambil sendiri. Emang gue sebenarnya udah membagi bagi-bagi. Udah semua haknya," lanjut Jarwo.

Namun sayangnya, niat Jarwo itu tidak diterima oleh Emil dan Pepeng selaku mantan personel Naif. Keduanya melayangkan surat keberatan dengan niat Jarwo mendaftarkan diri ke DJKI.

Saat itu, Jarwo disebut tak memiliki itikad baik oleh Emil dan Pepeng. Lalu Jarwo sempat bingung dan masih berkonsultasi lagi dengan kuasa hukumnya.

"Cuma setelah itu didaftarkan, ada surat keberatan dari Emil sama Pepeng dengan alasan itikad tidak baik. Kok gue jadi diginiian ya? Maksudnya jadi salah lagi," tegas Jarwo.

Sementara itu, Jarwo menyebut David Bayu sebagai mantan vokalis Naif tidak merasa keberatan dengan pendaftaran HAKI ke DJKI. David Bayu bahkan hendak bergabung dengan pengukuhan nama Naif di DJKI itu.

Jarwo pun menegaskan, ia sangat terbuka kepada personel lain yang sudah hengkang untuk ikut bergabung dengan nama Naif di DJKI. Respons itu nyatanya baru ia dapatkan dari David Bayu saja.

"(Terbuka) banget (untuk gabung). Sekarang David itu bilang 'Wo gua ikutan nama', tapi sekarang satu dulu (baru nama Jarwo yang didaftarkan). Ya nggak apa-apa gitu. Yang penting jangan orang lain dulu," tegas Jarwo.

(pig/aay)