Finneas Bagikan Pengalaman Hidupnya di Album Optimist

Anarani Kifaya - detikHot
Senin, 18 Okt 2021 21:26 WIB
Finneas
Foto: Matty Vogel / dok. Finneas
Jakarta -

Penyanyi Finneas akhirnya melepas album penuh pertamanya berjudul Optimist pada 15 Oktober 2021. Bersama peluncuran albumnya, ia merilis video klip untuk lagu melankolis Love Is Pain. Lagu ini menceritakan betapa menyakitkannya cinta dalam sebuah hubungan.

Secara keseluruhan album Optimist mengisahkan pengalaman hidup kakak kandung dari Billie Eilish ini. Kepada V Man Finneas menyatakan, "Ini adalah album tentang pengalaman duniaku, pengalaman hidupku, - ini adalah karya introspektif. Ini tentang hal-hal yang aku takuti sebagai anak-anak dan hal-hal yang aku takuti sebagai orang dewasa dan bagaimana mereka terhubung."

Tak hanya soal patah hati, dalam album ini Finneas juga menciptakan sebuah lagu yang terinspirasi dari kerinduan untuk menyaksikan konser secara langsung. Situasi tersebut ia tuangkan dalam lagu pembuka A Concert Six Months From Now. Lalu ada juga lagu pengantar tidur berjudul What They'll Say About Us. Makna dari What They'll Say About Us yaitu janganlah menyerah meskipun lelah.



Finneas pun membawa pendengar kilas balik ke tahun 1990-an dalam lagu The 90s. Sebuah nostalgia yang dikemas dengan ketukan dubstep sederhana tentang keinginan untuk kembali saat internet belum terlahir. Ia merasa bahwa sangat sulit untuk tetap aman di masa kini ketika hampir semua informasi tentang siapapun, terutama selebritis, ditemukan dengan mudah di dunia maya.

Alasan utama mengapa album ini diberi judul Optimist karena menurut Finneas sikap optimis merupakan sesuatu yang bisa diraih oleh diri sendiri. Ia sendiri mengaku bukan orang yang selalu optimis.

"Aku belum tentu, secara alami, seorang yang optimis, tetapi aku pikir optimisme adalah sesuatu yang kamu dapat kerjakan dan membuat lebih baik," ujarnya dalam wawancara virtual bersama MTV News.

Ia melanjutkan, "Menurutku selalu layak untuk mencoba optimis, bahkan ketika hal-hal buruk terjadi sebab alternatifnya adalah putus asa dan merasa tidak ada yang akan berhasil, semuanya salah, dan itu tidak terlalu menyenangkan."

Pria kelahiran 30 Juli 1997 ini juga mengatakan jika dirinya tidak optimis, ia tidak akan bersusah payah. "Sepertinya kalau aku tidak optimis, aku tidak akan berusaha keras. Kalau kamu optimis, kamu berusaha lebih keras maka ada kemungkinan lebih besar itu akan benar-benar berhasil," tutur Finneas.



Sebelum mengeluarkan album penuh perdananya, Finneas pernah melepas sederet single sejak tahun 2016 dan sebuah mini album berjudul Blood Harmony di tahun 2019. Ia sering pula membantu menggarap musik untuk penyanyi papan atas seperti Selena Gomez, Camila Cabello, dan tentu adiknya sendiri yaitu Billie Eilish.

Tonton video klip Love is Pain dari Finneas di sini:

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Finneas Kakak Billie Eilish Rilis Single Soal Rasisme dan Covid-19 "
[Gambas:Video 20detik]
(srs/srs)