Solid! 5 Band Ini Tidak Pernah Ganti Formasi sejak Terbentuk

Anarani Kifaya - detikHot
Senin, 04 Okt 2021 20:42 WIB
Radiohead
Foto: John Spinks / dok. Radiohead
Jakarta -

Bisa dibilang lahirnya sebuah band karena mempunyai kesamaan visi dan misi dalam bermusik. Seiring berjalannya waktu, tak jarang timbul perbedaan pemikiran sehingga terjadilah perpecahan yang mengharuskan salah satu anggota band mengundurkan diri. Namun, ada pula sekumpulan band yang bertahan dengan jumlah member yang sama sejak pertama kali mereka terbentuk.

Sampai tulisan ini dibuat, berikut beberapa band yang masih eksis dengan formasi awal dari debut hingga sekarang. Terlepas dari segala permasalahan, mereka bisa menjaga keharmonisan band agar tetap berjalan dengan semestinya.

Radiohead

Kelima anggota Radiohead dipertemukan di sekolah asrama Abingdon School, Inggris saat mereka sedang latihan di ruang musik. Seringnya frekuensi berlatih di ruang musik membuat mereka membentuk sebuah band yang terdiri dari Thom Yorke (vokal), Colin Greenwood (bass), Ed O'Brien (gitar), Jonny Greenwood (gitar/kibor), serta Philip Selway (drum). Radiohead debut dengan lagu Creep di tahun 1992. Tak lama setelah itu, tepatnya pada Februari 1993, mereka meluncurkan album penuh pertama berjudul Pablo Honey.

Muse

MuseMuse. Foto: Twitter Muse

Awalnya seluruh member Muse bermain di band yang berbeda saat mereka mengenyam pendidikan di Teignmouth Community College. Matt Bellamy (vokal dan gitar) berhasil lolos audisi sebagai gitaris band milik Dominic Howard (drum) yaitu Carnage Mayhem. Lalu mereka mengajak Chris Wolstenholme (bass) untuk bergabung. Band ini awalnya bernama Rocket Baby Dolls namun mereka mengubahnya menjadi Muse karena terdengar lebih singkat.

Coldplay

LONDON, ENGLAND - NOVEMBER 25: Chris Martin from Coldplay performs at the Natural History Museum on November 25, 2019 in London, England. (Photo by Gareth Cattermole/Getty Images)LONDON, ENGLAND - NOVEMBER 25: Chris Martin from Coldplay performs at the Natural History Museum on November 25, 2019 in London, England. (Photo by Gareth Cattermole/Getty Images) Foto: Getty Images/Gareth Cattermole

Permulaan adanya Coldplay terjadi saat Chris Martin (vokal) dan Jonny Buckland (gitar) menjadi teman saat orientasi mahasiswa baru di University College London. Mereka berdua memang berencana membentuk sebuah band. Guy Berryman (bass) yang saat itu teman sekelas Chris dan Jonny pun ikut serta dalam band. Formasi band dilengkapi oleh Will Champion di posisi drum. Chris mengajak teman lamanya, Phil Harvey, sebagai manajer dari Coldplay. Phil juga dianggap sebagai anggota kelima dari Coldplay dan sekarang berperan menjadi pemimpin tim kreatif band yang berasal dari Inggris tersebut.

LANY

LANYLANY. Foto: LANY (Instagram)

Pertemuan Paul (vokal) dengan temannya yakni Jake Goss (drum) dan Les Priest (kibor) di Nashville, AS pada Maret 2014 rupanya menciptakan sebuah band yang sampai saat ini bernaung di bawah nama LANY. Sebelum LANY lahir, Jake Goss dan Les Priest sempat menjalani sebuah proyek musik bernama WRLDS tetapi karena LANY muncul proyek ini akhirnya dihentikan. Masih di tahun yang sama saat terbentuk, mereka langsung meluncurkan mini album berjudul Acronyms dengan tiga lagu yakni (OMG), ILYSB, serta BRB.

5 Seconds of Summer (5SOS)

5 Seconds of Summer di BSD, Tangerang5 Seconds of Summer di BSD, Tangerang Foto: Reno Hastukrisnapati Widarto

Mempunyai latar yang mirip dengan Radiohead dan Muse, tiga member 5 Seconds of Summer (Luke, Michael, dan Calum) awalnya merupakan teman sekolah di Norwest Christian College, Australia. Demi melengkapi formasi, Michael (gitar), mengirim pesan kepada Ashton (drum) melalui Facebook dan menanyakan apakah tertarik untuk bermusik bersama dirinya, Luke (gitar), serta Calum (bass) dan ia pun langsung menyetujui. Semua member 5SOS turut menyumbang suaranya dalam diskografi mereka.



Simak Video "Lihat Bocoran Kolaborasi Coldplay dan BTS yang Bertajuk 'My Universe'"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/srs)