Lady Gaga sampai Sam Smith, 5 Penyanyi Ini Pernah Memenangkan Piala Oscar dan Grammy

Anarani Kifaya - detikHot
Jumat, 01 Okt 2021 08:25 WIB
Lady Gaga performs the National Anthem as President-elect Joe Biden applauds during the 59th Presidential Inauguration at the U.S. Capitol in Washington, Wednesday, Jan. 20, 2021. (AP Photo/Andrew Harnik)
Lady Gaga. Foto: AP Photo/Patrick Semansky, Pool
Jakarta -

Sebuah ajang penghargaan biasanya diadakan untuk mengapresiasi lahirnya karya seni seperti film dan musik. Meskipun bukan satu-satunya tolak ukur seberapa bagusnya sebuah karya, mendapatkan penghargaan menjadi kebanggaan tersendiri bagi sang artis dan orang-orang yang terlibat dalam karyanya.

Saat ini ada banyak ajang penghargaan yang beredar baik dalam skala nasional maupun internasional. Salah dua penghargaan taraf internasional yang selalu ramai diperbincangkan adalah Piala Oscar dan Grammy. Kedua ajang penghargaan ini termasuk penghargaan tertua di bidang seni. Piala Oscar hadir untuk industri film sementara Grammy untuk musik. Walaupun kedua penghargaan tersebut mempunyai fokus yang berbeda, rupanya sejumlah penyanyi pernah meraih kemenangan di Piala Oscar juga karena kepiawaian mereka mengisi soundtrack untuk film tepatnya dalam kategori Best Original Song. Siapa saja mereka?

Lady Gaga

Debut dengan album The Fame, Lady Gaga sudah berhasil membawa pulang Piala Grammy kategori Best Electronic/Dance Album pada tahun 2010. Sembilan tahun kemudian tepatnya di tahun 2019, penyanyi yang terkenal dengan gaya eksentrik ini menyabet penghargaan Piala Oscar untuk lagu Shallow yang dijadikan soundtrack film A Star Is Born. Dalam film tersebut Lady Gaga turut berakting sebagai pelayan di sebuah bar sekaligus penyanyi bernama Ally.

H.E.R.

Tahun 2021 H.E.R. mengantongi Piala Oscar pertamanya untuk lagu Fight for You dalam film Judas and the Black Messiah. Pada Piala Grammy sejauh ini penyanyi dengan nama asli Gabriella Sarmiento Wilson sukses menggapai kategori Best R&B Performance dan Best R&B Album 2019 serta Best R&B Song 2020 untuk lagu Better Than I Imagine.

Eminem

Eminem bisa dibilang langganan memperoleh Piala Grammy di antaranya yakni sebagai Best Solo Rap Performance (tahun 2000, 2001, dan 2011), Best Rap Album (tahun 2000, 2001, 2003, 2010, 2011, dan 2015) serta Best Rap/Sung Collaboration tahun 2015 dalam lagu Monster yang dinyanyikan bersama Rihanna. Pria kelahiran 17 Oktober 1972 menerima Piala Oscar-nya untuk lagu Lose Yourself pada tahun 2003. Lose Yourself merupakan soundtrack film drama musikal 8 Mile.

Adele

Adele pernah meraih Piala Oscar pada tahun 2013 dengan Skyfall. Lagu ini diciptakan untuk film seri James Bond dengan judul yang sama. Mengawali karier dengan album bertajuk 19, satu lagu dalam album tersebut yaitu Chasing Pavements, meraih Piala Grammy kategori Best Female Pop Vocal Performance di tahun 2009.

Sam Smith

Selain Adele, Sam Smith pun pernah menyumbangkan suaranya untuk soundtrack film seri James Bond berjudul Spectre dengan lagu Writing's on the Wall. Lagu ini memenangkan Piala Oscar di tahun 2016. Bernasib mirip dengan Lady Gaga dan Adele, di tahun debutnya Sam Smith mengamankan Piala Grammy di tahun 2015 kategori Best New Artist, Best Pop Vocal Album, Record of the Year, serta Song of the Year.



Simak Video "Mengintip Penampilan Lady Gaga di Film 'House of Gucci'"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/srs)