Respons Rhoma Irama saat Gayanya Ditiru Banyak Orang

Dicky Ardian - detikHot
Kamis, 30 Sep 2021 15:24 WIB
s
Respons Rhoma Irama saat Gayanya Ditiru Banyak Orang (Foto: Rhoma Irama di Synchronize Fest 2018 / Hanif Hawari)
Jakarta -

Sebagai Raja Dangdut, Rhoma Irama punya ciri khas yang sampai saat ini begitu melekat dengannya. Bukan cuma gayanya di atas panggung, cara bicaranya juga cukup ikonik.

Oleh karena itu ada banyak orang yang coba untuk menirukan gayanya. Setiap yang naik ke atas panggung dengan gitar, syal dan brewok, pasti disebut mirip dengan Rhoma Irama.

Salah satu komedian yang sering mengikuti gayanya adalah Sule. Beberapa kali ia menirukan gaya Rhoma Irama sambil bernyanyi di depan kamera.

Hal tersebut ternyata membuat Sule canggung untuk bertemu dengan Rhoma Irama. Ia takut gayanya dalam melawakan akan dipermasalahkan.

"Dulu setiap manggung, ya, saya gayanya Pak Haji selalu dipakai. Makanya saya takut ketemu Pak Haji waktu itu," ungkap Sule di channel YouTube miliknya.

Ia juga menceritakan satu momen ketika dirinya dikejutkan dengan kehadiran Rhoma Irama. Saat itu, ia diminta bergaya seperti sang Raja Dangdut.

"Waktu itu ketemu juga dikasih surprise. Tiba-tiba Pak Haji datang dari belakang itu saya panas dingin," kata Sule.

Sule menyebut dirinya memang mengidolai sosok Rhoma Irama sejak dulu. Ia bahkan hafal dengan lagu-lagunya, bukan cuma bisa mengikuti gayanya saja.

Sedangkan Rhoma Irama menyebut sudah biasa melihat orang yang coba mengikuti gayanya. Menurutnya ciri khas yang dimilikinya tersebut memang sebuah rezeki yang diberikan Tuhan.

Oleh karena itu Rhoma Irama mengaku tidak masalah jika gayanya ditiru. Menurutnya dengan banyak yang meniru gayanya berarti banyak juga yang suka dengannya.

"Ketika orang menirukan gaya Rhoma itu buat saya suatu rahmat. Artinya dia suka. Nggak mungkin orang kalau nggak suka menirukan. Orang suka kepada saya lagi-lagi anugerah, rahmat. Kalau orang benci kepada saya itu cobaan," ungkap Rhoma Irama.

"Nggak apa-apa, karena saya tahu Anda suka Rhoma, kalau nggak, nggak mungkin bikin parodi-parodi gitu, karena semua dari Allah," lanjut.

Meski gaya tersebut adalah ciri khas, Rhoma Irama membebaskannya. Ia tidak akan menarik bayaran bagi siapa saja yang mengikuti gayanya.

"Nggak bayar royalti ya," tegasnya.

(dar/wes)