GANGGA Tak Melulu Soal Patah Hati

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Minggu, 26 Sep 2021 21:36 WIB
GANGGA, Gangga Kusuma
GANGGA Tak Melulu Soal Patah Hati (Foto: dok. GANGGA)
Jakarta -

Gangga Kusuma alias GANGGA dikenal lewat lagu-lagunya yang bertemakan patah hati. Diakui olehnya, perpisahan dan putus cinta memang menjadi inspirasinya ketika menulis materi untuk album perdananya, It's Never Easy.

Meski demikian, dirinya mengaku tidak ingin dikenal sebagai penyanyi yang cocok menyanyikan lagu patah hati saja. Baginya, lagu yang ia tulis selalu berdasarkan pengalaman yang sedang ia lalui saat itu.

Kebetulan, saat ia menulis lagu untuk album perdananya, GANGGA memang tengah merasakan kegagalan cinta. Namun, hal itu tidak menutup kemungkinan bila suatu hari ia bisa saja menulis lagu yang bertemakan hal lain, jatuh hati atau kebahagiaan misalnya.

GANGGA pun yakin, apapun tema yang ia usung di masa mendatang, sebuah lagu pasti menemukan pendengarnya tersendiri yang dapat merasa terhubung oleh lirik yang ia tulis.

"Kalau gue ngerasanya mungkin tiap fase pasti ada momen-momen tersendiri. Mungkin sekarang gue ada di fase yang sedih-sedih, putus percintaan. Nanti setahun dapat fase yang baru lagi, gue yakin akan menemukan lagi kecocokan dengan orang. Gue cuman sedang menyalurkan apa yang terjadi dalam hidup gue," terang dia dalam wawancara dengan detikcom.

Dalam kesempatan yang sama, ia juga menuturkan alasan mengapa dirinya kerap kali menulis lagu dalam bahasa Inggris. Ia mengatakan dirinya sebenarnya pernah mencoba untuk belajar menciptakan lagu berbahasa Indonesia.

Akan tetapi, menurut GANGGA, itu bukan lah perkara yang mudah.

"Gue nyaman dengan liriknya. Gue ngerasa kayak kalau nulis bahasa Inggris itu lebih santai. Sejujurnya nulis bahasa Indonesia gue pernah belajar dan beneran susah. Bahasa Indonesia kan banyak, ada yang baku dan harus benar-benar tepat. So far enjoy dengan bahasa Inggris dan pendengar aku banyak yang mengerti juga. Ternyata mereka enjoy juga," tutur GANGGA.

Saat ini, GANGGA sedang menikmati masa-masa fokus bermusik. Ke depan, ia ingin tetap bernyanyi dan menulis lagu dengan menuangkan apa yang ada di hatinya.

"Intinya gue akan terus bikin lagu lagi dan gue akan tetap nyanyi, akan mengasah lagi skill gue dalam bermusik. Tetep mewarnai musik Indonesia lah. Nggak akan selesai sampai di sini, akan ada lagi yang baru," ujarnya.

(srs/dar)