GANGGA, Kembali ke Musik Sebagai Cinta Pertama

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Minggu, 26 Sep 2021 17:32 WIB
GANGGA, Gangga Kusuma
Foto: dok. GANGGA
Jakarta -

Gangga Kusuma atau GANGGA baru saja merilis album perdana berjudul It's Never Easy. Album itu berisikan 10 lagu, termasuk tiga single yang telah dirilisnya terlebih dahulu, yakni Forever, Whiskey Bottle, dan Waiting for You.

Sebelum mengeluarkan single demi single dan kemudian album, GANGGA juga telah mengeluarkan sejumlah lagu, di antaranya Don't dan Blue Jeans.

Dalam wawancara dengan detikcom, GANGGA bercerita bahwa musik sebenarnya selalu menjadi cinta pertamanya. Ia mempelajari musik karena terinspirasi dari sosok ibunya. Sejak kecil, ia telah gemar bermain musik dan menunjukkan bakatnya di bidang itu.

"Sebenarnya gue dari kecil berangkat dari main musik, main gitar segala macam, terus gue sering ikut lomba band. Gue belajar gitar, keyboard, gue belajar saxophone, dan sering lomba lah," ujar GANGGA.

Seiring bertambahnya usia, ada banyak hal lain di luar musik yang dikenal GANGGA. Saat itulah mimpinya berubah. Ia mulai merancang rencana yang di luar dari dunia musik. Berbisnis adalah salah satu hal yang digelutinya.

Akan tetapi, ketika menjajal banyak hal di luar musik, GANGGA justru merasa ada yang mengganjal di hatinya. Ia tidak pernah benar-benar menikmati apa yang ia jalani.

"Pas sudah gede, gue terlalu banyak mimpi-mimpi yang, gue harus jadi ini, harus jadi itu, kerja, jadi pebisnis segala macem dan akhirnya gue ada di satu fase yang gue bingung mau ngapain. Akhirnya gue lupa dengan musik," kenangnya.

"Ya gue pernah kayak bisnis, apa segala macem," lanjutnya.

Suatu hari, ia kemudian merilis Don't. Ia membagikan lagunya tanpa beban dan ekspektasi apapun. Namun, tanpa ia duga, lagunya mulai menemukan pendengar. Ia pun semakin yakin untuk menyelami dunia musik lebih dalam setelah mengeluarkan Blue Jeans.

Terlebih, saat itu pandemi virus Corona mulai masuk ke Indonesia dan membuatnya harus berada di rumah dan membatasi kegiatannya. Ia pun memanfaatkan waktu tersebut untuk mulai menulis lagu. Ia pun kini kian yakin untuk mengarungi petualangannya di industri hiburan.

"Gue coba untuk iseng-iseng dan ternyata demand-nya bagus, ternyata dapat support dari teman-teman juga. Ah, ini yang gue lakuin dari kecil dan ternyata ini yang bisa gue lanjutin. Jadi gue sampai sekarang sudah yakin dengan apa yang gue lakuin dan apapun yang akan terjadi di depan, gue tetap stay di musik," ungkap dia.

Lebih jauh, GANGGA bercerita, "Turning point-nya di lagu Blue Jeans. Di Don't ya sudah rilis saja. Di Blue Jeans gue tuh mulai suka nulis, suka nulis di kamar. Mulai pandemi waktu itu Maret awal 2020, mulai nulis akhirnya rilis. Oh, harus fokus nih orang-orang banyak yang suka."

(srs/dar)