Rich Brian, NIKI dan Warren Hue Berimajinasi saat Isi Soundtrack Shang-Chi

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Rabu, 22 Sep 2021 13:54 WIB
Jakarta -

Tiga musisi asal Indonesia, Rich Brian, NIKI, dan Warren Hue, terpilih untuk mengisi soundtrack film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings. Lagu yang mereka tulis masuk dalam album bersama sejumlah musisi lainnya, di antaranya Anderson .Paak, DPR Live, DPR Ian, Jhené Aiko, dan lain-lain.

Bagi mereka bertiga, pengalaman tersebut terbilang baru. Sebab, mereka belum pernah membuat lagu yang dikhususkan untuk mengisi soundtrack dari sebuah film.

Selama ini, Marvel terbilang ketat dalam menjaga kerahasiaan cerita filmnya agar tidak bocor pada penggemar. Hal itu menyebabkan, para pengisi soundtrack sekali pun tidak diizinkan untuk menonton lebih film tersebut terlebih dahulu sebelum penayangan perdana.

Menurut Rich Brian, NIKI, dan Warren Hue hal itu adalah tantangan tersendiri bagi mereka. Mereka pun akhirnya mencoba menggunakan imajinasi mereka untuk menggarap lagu dalam proyek musik tersebut.

"Kami belum menonton filmnya ketika membuat lagunya. Aku menggunakan imajinasiku dan merefleksikannya pada karakter perempuan dalam film. Aku mencoba mencari bagian yang spesifik dan bagian yang general, membayangkan kepribadiannya, dan mencoba menempatkan diriku pada posisinya," cerita NIKI dalam konferensi pers virtual, Rabu (22/9/2021).

"Tokoh perempuan dalam film ini ku bayangkan sebagai sosok perempuan yang kuat. Aku rasa sangat menarik untuk menulis lagu dari perspektif di luar diriku, dari tokoh dalam film," jelasnya lagi.

Shang-Chi and the Legend of the Ten RingsShang-Chi and the Legend of the Ten Rings. Foto: Dok. Marvel

Hal serupa juga diungkapkan oleh Rich Brian. Saat menggarapnya, dirinya pun merasa meraba-raba apakah lagu yang ditulisnya benar-benar cocok untuk filmnya. Tak bisa dipungkiri, ia pun merasakan hal itu sebagai beban sekaligus tantangan.

"Ada banyak bagian dari proses penggarapan lagu-lagu dalam album ini yang dikerjakan secara jarak jauh. Rasanya sulit untuk benar-benar menyatukan pesan dan mencari, 'Oh album soundtrack ini berbicara tentang hal ini'. Terlebih ini adalah soundtrack untuk film Shang-Chi, pahlawan super pertama dari Asia, sesuatu yang besar. Aku berpegang pada itu untuk menggambarkan lagunya," buka Rich Brian.

Meski demikian, pada akhirnya kekhawatiran Rich Brian terjawab setelah menonton filmnya. Dia merasa lagu yang ia ciptakan ternyata pas dengan yang dibutuhkan oleh Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings.

"Rasanya sulit menemukan apakah launya cocok dengan filmnya. Tapi orang-orang bilang padaku, 'Ini bagus dan pas dengan filmnya'. Sulit untuk membayangkan saat digarap, tetapi ketika aku menontonnya ternyata cocok," ungkapnya.

(srs/dar)