Padi Reborn Bakar Semangat Lewat Memberi Makna Indonesia

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Jumat, 10 Sep 2021 19:45 WIB
Padi Reborn
Foto: dok. Padi Reborn
Jakarta -

Padi Reborn merilis single baru berjudul Memberi Makna Indonesia. Menurut band beranggotakan Yoyo (drum), Piyu (gitar), Fadli (vokal), Rindra (bas), dan Ari (gitar) itu, lagu tersebut bertujuan untuk memberikan suntikan semangat pada siapapun yang mendengarkannya.

Tercetusnya ide untuk menulis Memberi Makna Indonesia datang dari keprihatinan para personel Padi Reborn ketika melihat situasi Tanah Air di masa pandemi. Ada begitu banyak bidang pekerjaan dan orang-orang yang terdampak oleh penyebaran virus Corona. Mereka pun ingin menyemangati para pendengarnya untuk dapat bangkit lagi dari keterpurukan di masa-masa sulit.

"Jadi berawal dari rasa empati kami berlima, berawal dari situasi saat ini, kami bikin lagu yang bisa memberi makna positif, bisa memotivasi," ujar Yoyo dalam konferensi pers virtual, Jumat (10/9/2021).

Menurut Piyu, selain mencoba memberi semangat untuk bangkit, Memberi Makna Indonesia juga ajakan untuk melakukan hal sederhana yang bisa membawa perubahan ke arah lebih baik bagi sekitar.

"Memberi makna itu dimulai dari hal sederhana, bagaimana kita bisa memberikan, kalau dibilang kerja itu ibadah, dengan hal sederhana saja sudah bisa memberi makna. Yang bisa kami lakukan adalah memberi support, menjadi penyambung suara kami ke banyak orang supaya bangsa Indo punya spirit untuk bangkit kembali," kata Piyu.

Proses penggarapan Memberi Makna Indonesia terbilang lancar. Meski demikian, Padi Reborn tetap harus melakukan sebagian proses secara virtual sebab Rindra tengah berada di Balikpapan saat pembuatan lagu berlangsung.

"Tadinya kami dapat ide untuk rekaman ini, yang sulit kami cari tagline-nya. Kebetulan kami punya stock lagu untuk Padi Reborn yang full album. Kami cari satu-satu ternyata nggak ada yang cocok, akhirnya kami bikin lagi," ungkap Rindra.

"Saya kondisinya ada di Balikpapan, kami harusnya ke Jakarta, tapi karena PPKM agak susah. Ternyata dengan teknologi sekarang juga bisa rekaman jarak jauh. Saya sempat isi bas-nya di Balikpapan, ternyata saya bisa," cerita Rindra lagi.

Memberi Makna Indonesia adalah lagu kedua yang dikeluarkan oleh Padi Reborn selama masa pandemi virus Corona. Sebelumnya, mereka telah merilis Ingat Pesan Ibu di tahun lalu. Lagu itu berisikan pengingat untuk melaksanakan protokol kesehatan untuk menjaga diri dan orang sekitar.



Simak Video "Jaga Keselamatan dengan #IngatPesanIbu"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/aay)