Wawancara Eksklusif

Nyanyi Lagi, Tasya Kamila: Musik Selalu Jadi Bagian dari Hidup Aku

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Senin, 06 Sep 2021 20:26 WIB
Tasya Kamila
Foto: dok. Tasya Kamila
Jakarta -

Tasya Kamila kembali ke dunia tarik suara, bidang yang membesarkan namanya. Dirinya memang sudah terbilang lama tidak menekuni dunia musik secara serius. Ia terakhir kali merilis album pada 2012 dan sempat mengeluarkan ulang Jangan Takut Gelap versi baru pada 2016.

Meski demikian, Tasya Kamila mengaku bahwa musik selalu menjadi dunia yang ingin ia geluti. Hanya beberapa tahun ke belakangan dirinya kerap kali terbentur oleh kesibukan lainnya yang harus menjadi prioritasnya.

"Aku berangkat sekolah S2 di Amerika (2016). Di 2018 setelah lulus kuliah, aku menikah, dan tahun depannya punya anak. Belum ada kesempatan bagiku untuk serius bermusik, tapi selama itu, musik selalu menjadi bagian dari hidup aku. Tiap hari, tiap malam, selalu terbayang momen di mana aku bisa meluncurkan karya baru," ceritanya pada detikcom.

Bergulat dengan berbagai aktivitas lainnya, Tasya Kamila mengaku hatinya tidak pernah benar-benar meninggalkan musik. Saat mengenyam pendidikan di Negeri Paman Sam, dirinya bahkan sempat mengambil kursus vokal dan membuat grup musik.

"Saat aku sekolah di Amerika, aku sempat ambil kelas jazz vokal, dan bikin band kecil-kecilan sama temen-temen di sana. Kemudian, memang setelah menikah dan menjadi seorang ibu baru, prioritasku bergeser, aku lebih fokus mengurus anak," jelasnya.

Tahun ini, bagi Tasya Kamila, menjadi momentum yang tepatnya untuknya kembali berkarier sebagai penyanyi. Menurutnya, kegiatan untuk mengurus anaknya sudah tak lagi sesibuk di tahun-tahun awal kelahiran sang buah hati.

Dirinya kini merasa memiliki lebih banyak waktu untuk mengembangkan potensi dirinya dalam bidang musik. Keyakinan itu semakin kuat ketika dipertemukan kembali dengan Febrian Nindyo dan Ezra Mandira dari HIVI! yang menjadi produsernya.

"Nah, sekarang kan anakku udah dua tahun lebih, aku merasa sudah lebih siap untuk kembali jalankan passionku dan bulatkan tekadku untuk berkomitmen kembali bermusik. Setelah bertemu dengan Febri dan Ezra, dan mengumpulkan orang-orang yang mau membantuku bermusik secara independen, aku semakin yakin bahwa sudah saatnya aku kembali bermusik dan mewarnai hari-hariku, hari-hari pendengarku dengan karya karya aku," urainya.

Tentunya ada perubahan yang Tasya Kamila rasakan ketika kembali terjun ke dunia musik. Baginya, karya-karyanya turut ikut tumbuh seiring dengan dirinya yang juga mendewasa.

Tidak hanya itu, kini Tasya Kamila mengaku terlibat aktif dalam segala hal rinci mengenai penggarapan lagunya.

"Genre Lagunya berbeda, dulu lagu anak-anak, sekarang lagu pop yang bercerita tentang cinta. Tapi menurutku yang paling berbeda adalah involvement aku dalam proses produksinya. Kalau dulu aku hanya 'terima beres', lagunya udah dipilihin dan tinggal nyanyi, sekarang aku yang pegang kendali dan turun tangan dari awal pembuatan lagu, sampai lagu ini Rilis dan seterusnya," ungkapnya.



Simak Video "Tasya cuman kode embed"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/wes)